Wakil Dekan RKSIU FIPP UNY Berikan motivasi Masuk Perguruan Tinggi kepada Siswa SMA MTA Surakarta

Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha FIPP UNY, Dr. Siti Rohmah Nurhayati, M.Si mengapresiasi Siswa - Siswa SMA MTA yang telah memiliki gambaran ke depan mau jadi apa, setelah lulus di jenjang SMA. Hal itu disampaikan Dr. Siti Rohmah ketika menyambut kehadiran Guru dan Siswa SMA MTA Surakarta yang berkunjung ke Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY, Rabu, (13/12) di Ruang Abdullah Sigit FIPP UNY.

Dr. Siti melanjutkan, dengan mengetahui gambaran ke depan mau jadi apa, maka harus segera mempersiapkan diri sebagai calon mahasiswa. Dr.Siti Rohmah menjelaskan terkait dengan profil UNY yang terdiri dari 8 fakultas diantaranya Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Fakutas Vokasi,Sekolah Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. 

Terkait dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Dr. Siti Rohmah menjelaskan profil program studi serta profil lulusannya."Kalau ingin menjadi pengelola lembaga pendidikan, bisa masuk prodi Manajemen Pendidikan, Jika tertarik dengan dunia pendidikan luar sekolah atau pemberdayaan masyarakat bisa masuk prodi Pendidikan Luar Sekolah, Jika ingi menjadi guru Pendidikan Luar Biasa, bisa masuk ke Prodi Pendidikan Luar Biasa,Jika ingin menjadi guru BK, bisa masuk prodi BK, Jika ingin menjadi pranata teknologi pendidikan, bisa mausk prodi Teknologi Pendidikan, jika ingin menjadi Guru SD, bisa mausk prodi pendidikan guru SD, jika ingin menjadi guru PAUD bisa masuk prodi Pendidikan Guru PAUD, dan jika ingin menjadi asesten psikologi, konsultas, peneliti, penulsi bahkan influencer bisa masuk prodo Psikologi", paparnya.

Selain itu, Dr. Siti rohmah juga menjelaskan kegiatan untuk pengembangan mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan, serta fasilitas yang ada di UNY dan FIPP ini. Hal lainnya seperti jalur masuk UNY juga disampaikannya. "UNY memiliki banyak jalur untuk program penerimaan mahasiswa baru, mulai dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi, Seleksi Nasional Berbasis Tes, Seleksi Mandiri. Untuk Seleksi Mandiri UNY terdiri dari banyak jalur seperti jalur prestasi akademik, Prestasi Unggul Talent Scouting, Prestasi Olahraga Unggul, CBT Kampus, CBT Domisili, Skor UTBK SNBT dan Kerjasama", paparnya. 

Rombongan dari SMA MTA Surakarta ini dipimpin oleh Bapak Bahrudin Ahmad, S.Sos. Dalam sambutanya menyampaikan tujuan kunjungannya untuk mengenalkan siswa ke dunia kampus. "Kalau sekedar kenal di dunia maya, mungkin sudah sedikit mengenal, kami datang ke kampus agar lebih dekat, lebih mengenal, yang pada akhirnya nanti memilih program studi sesuai dengan bakat dan minat siswa. Siswa yang hadir sebanyak 138 dari program IPA dan IPS yang berasar dari berbagai daerah", katanya. (rit)