Sosialisasi dan Pelatihan Kewirausahaan bagi Mahasiswa FIP 2010

Salah satu upaya yang dilakukan oleh UNY dalam rangka mengembangkan jiwa enterpreunership mahasiswa pada tahun 2010 yaitu dengan menyelenggarakan program mahasiswa wirausaha. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya dibekali ilmu sesuai kurikulum perkuliahan yang ditempuh saja tetapi juga mampu mengembangkan potensi atau jiwa enterpreuner mereka. Karena di era globalisasi saat ini pada hakekatnya mahasiswa dituntut untuk menjadi seseorang yang cerdas,kreatif,ulet dan tidak mudah putus asa. Untuk menjawab tangtangan era global tersebut, sudah selayaknya mahasiswa memiliki jiwa enterpreuner selain.

Oleh karena itu pada tanggal 4-5 Maret 2010 tepatnya di ruang Abdullah Sigit FIP, diadakan acara sosialisasi dan pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa FIP. Pada hari pertama, mahasiswa diberi pengarahan serta sosialisasi tentang Program Wirausaha Mahasiswa UNY 2010. Oleh para pembimbing/pendamping mahasiswa, langkah pertama yang disampaiakan yaitu gambaran umum tentang apa itu enterpreuner?dan bagaimana menjadi seorang enterpreuner sejati?seperti yang disampaikan oleh Bpk. Nurtanio Agus P, M.Pd (Pokda) bahwa untuk bisa menjadi seorang enterpreuner sejati atau handal maka yang penting mereka bisa membaca peluang yang ada di sekitar kita. Walaupun usaha yang kita jalankan sepele, namun jika kita bisa mengemasnya menjadi lebih menarik niscaya usaha tersebut juga akan menghasilkan sesuatu yang lebih.

Setelah para mahasiswa diberikan gambaran umum tersebut, selanjutnya mereka dibekali wawasan atau kiat-kiat untuk menjadi seorang enterpreuner. Seperti yang disampaikan Bpk. Puji Riyanto, M.Pd selaku salah satu pembicara pada hari kedua, beliau menegaskan kepada para mahasiswa bahwa untuk bisa menjadi seorang enterpreuner sejati mereka harus punya dedikasi tinggi dalam bekerja, tidak mudah putus asa dan jangan pernah takut untuk mencoba (inovasi).

Dan di akhir acara tersebut, selanjutnya para mahasiswa di suruh untuk membuat kelompok wirausaha guna menyusun proposal. (dk)