Rektor UNY Kukuhkan 4 Guru Besar dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Rektor UNY mengukuhkan 4 Guru Besar dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, bersamaan dengan 5 Guru Besar dari Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya, Fakultas Teknik, serta Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, di Performance Hall Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya, Sabtu (30/2).

Keempat 4 Guru besar tersebut adalah Prof. Dr. Ali Muhtadi, M.Pd. dari Program Studi Teknologi Pendidikan dengan Bidang Ilmu Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Prof. Dr. Sugeng Bayu Wahyono, M.Si. dari Program Studi Teknologi Pendidikan dengan Bidang ilmu Sosiologi Pendidikan, Prof. Dr. Ishartiwi, M.Pd, dari program studi Pendidikan Luar Biasa, dengan Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, dan Prof. Dr. Hermanto, M.Pd., dari Program Studi Pendidikan Luar Biasa, dengan bidang ilmu Manajemen Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus.

Prof. Dr. Ali Muhtadi menyampaikan pidatonya tentang Kurikulum dan Pembelajaran Deep Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis-Inovatif dan Kemandirian Belajar Mahasiswa di Era Digital. Prof. Dr. Sugeng Bayu Wahyono, M.Si., menyampaikan pidato tentang Sosiologi Berparadigma Kritis sebagai Penyubur Ketandusan Habitat Epistemologi Ilmu Pendidikan di Indonesia. Prof. Dr. Ishartiwi, M.Pd., menyampaikan pidato tentang Penerapan Model Teaching FActorydalam Pembelajaran Keterampilan Vokasional untuk Individu Berkebutuhan Khusus. Prof. Dr. Hermanto, M.Pd., menyampaikan pidato tentang Manajemen Sekolah Inklusif: Antara Kontinum Aksiologi, dan Advokasi Potensi Peserta Didik.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengucapkan selamat dan sukses atas raihan prestasi akademik yang luar biasa ini. “Sembilan guru besar ini merupakan edisi ketiga pidato guru besar tahun 2023 dimana tahun ini ada 38 guru besar yang sudah melaksakan pidato” ungkap Rektor. Rektor juga mengungkapkan bahwa kualitas program studi yang handal apabila indeks prestasi tinggi, mahasiswanya cepat lulus, mendapat pekerjaan sesuai passion dan gajinya serta masa tunggu rendah. (rit)