Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) melalui Karya Tulis Ilmiah

Penulisan Karya Ilmiah merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa S3 Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar penulisan karya ilmiah dan kode etiknya serta langsung mempraktikkan bagian-bagian penting dari penulisan karya ilmiah baik dari hasil penelitian maupun nonpenelitian. Sering dengan perkembangan zaman, maka tujuan pembangunan secara berkelanjutan juga akan menyesuaikan perkembangan tersebut. Kemajuan teknologi dari berbagai bidang membuat informasi berpotensi tersebar dengan sangat cepat. Demikian pula dengan hasil penelitian dan produk- produk inovasi pendidikan dapat disampaikan dengan mudah melalui media publikasi ilmiah.

Mata Kuliah Penulisan Karya Tulis Ilmiah mengarahkan mahasiswa untuk memiliki kemampuan dalam menulis dan menerbitkan artikel ilmiah. Hal ini sangat penting dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan secara berkelanjutan. Melalui publikasi ilmiah, hasil-hasil penelitian, non-penelitian dan inovasi lainnya dapat disebarkan secara cepat. Temuan temuan solutif untuk pembangunan secara berkelanjutan dapat lebih mudah tersampaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Menerbitkan karya tulis ilmiah merupakan upaya penting bagi para akademisi untuk

menyebarluaskan pikiran, ide dan gagasan ilmiah yang diharapkan menjadi solusi dan pemecahan masalah dalam berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Jika temuan dan karya tulis ilmiah dapat terdistribusikan dengan baik, maka melalui publikasi ilmiah percepatan pencapaian tujuan pembangunan secara berkelanjutan dapat diwujudkan.