KEMITRAAN DENGAN SEKOLAH SEBAGAI LINGKUNGAN BELAJAR DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA

Penguatan pendidikan karakter perlu dilaksanakan sejak dini termasuk di jenjang sekolah dasar. Di era sekarang kalau kita lihat banyak terjadi perilaku menyimpang yang hamper setiap hari muncul baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Sekolah dasar sebagai lembaga pendidikan formal yang mamiliki masa tempuh paling lama memiliki ruang yang sangat luas untuk meletakkan dasar-dasar karakter pada peserta didik.

Dalam Mata Kuliah Pendidikan Karakter Berbasis Budaya pada Prodi S3

endidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan observasi dan diskusi secara langsung dengan institusi sekolah dasar dalam hal penguatan pendidikan karakter. Kegiatan ini dilakukan di dua sekolah dasar yaitu SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, dan SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta. Mahasiswa yang mengikuti kuliah lapangan ini berjumlah 22 orang.

Kegiatan kuliah lapangan di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 22 September 2023. Mahasiswa melaksanakan observasi kegiatan penguatan karakter di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta sejak pukul 06.00-

10.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut juga ada aktivitas diskusi yang difasilitasi oleh dosen pengampu mata kuliah Prof. Dr. Wuri Wuryandani, M.Pd., dan Kepala Sekolah Bapak Agung Rahmanto, M.Pd. Dalam kegiatan diskusi ini kepala sekolah memaparkan berbagai kegiatan penguatan karakter di SD Muhammadiyah Sapen. Setelah pemaparan materi selesai, kemudian dilaksanakan dengan kegiatan tanya jawab.

Kegiatan kuliah lapangan yang melibatkan sekolah merupakan bentuk pencapaian indikator SDGs yang ke 17 yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan. Kemitraan dengan SD Muhammadiyah Sapen dalam kegiatan kuliah lapangan mata kulian Pendidikn Karakter Berbasis Budaya ini akan terus dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar riil kepada para mahasiswa. Sebagai tindak

 

lanjut kegiatan ini maka ke depan akan dilakukan kuliah lapangan berikutnya di

SD Keputran 1 Yogyakarta di akhir semester gasal 2023/2024.