Ekstrakulikuler Sarana Meningkatkan Ketrampilan Abad 21

Seiring dengan perkembangan zaman, tuntutan terhadap keterampilan abad ke-21 semakin jelas. Terdapat 4C yang sering dihubungkan dengan tuntutan keterampilan ini: critical thinking, creative thinking, communicative thinking, dan collaborative thinking. Semua ini merupakan bagian dari apa yang sering disebut sebagai soft skill, yang kini dianggap krusial bagi pencari kerja yang baru memasuki dunia kerja.

Demikian yang disampaikan oleh Dekan FIPP UNY, Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd., dalam sambutannya ketika membuka Workshop Penghargaan Ekstrakulikuler Mahasiswa (PEM) tahun 2023 yang berlangsung pada Rabu (20/9) di Auditorium UNY. Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd., menegaskan pentingnya memiliki lulusan yang dapat bersaing di dunia kerja, mengingat ketatnya persaingan di zaman ini. Mengandalkan kemampuan akademik yang tercermin pada ijazah saja dirasa kurang memadai.

Menurut Prof. Sujarwo, salah satu aspek yang sangat penting adalah keterampilan komunikasi. Kemampuan ini tidak hanya sebatas berbicara secara verbal, namun juga mencakup kemampuan bernegosiasi dan empati. Komunikasi yang efektif adalah kunci sukses dalam menghadapi persaingan di dunia kerja saat ini, bahkan lebih penting daripada kemajuan teknologi.

Selain itu, keterampilan adaptasi juga sangat dibutuhkan. Mahasiswa perlu mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja dan menciptakan ruang bagi diri mereka sendiri dalam kesempatan kerja. Pendidikan di perguruan tinggi haruslah lebih dari sekadar kuliah-kos-kuliah. "Mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk melihat dan menciptakan peluang serta berpikir kritis dan kreatif. Ini bisa diperoleh melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler baik yang sifatnya penalaran, pengembangan bakat dan minat, pengembangan khusus serta seni dan olahraga, "pesannya. 

Melihat bahwa era ini terus berkompetisi, penting bagi mahasiswa untuk memperoleh keterampilan yang memungkinkan mereka melihat, menciptakan, dan mengisi peluang. Kemampuan melihat masalah dan mencari solusinya juga menjadi kunci untuk mengatasi tantangan di dunia kerja. "Oleh karena itu, berbagai kegiatan ekstrakurikuler menjadi landasan penting bagi mahasiswa untuk melangkah maju dengan sukses, "tutupnya. (rit)