Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Sukses Menggelar Dasalomba FIP UNY 2022

Dalam rangka dies natalis FIP ke 72 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengadakan kegiatan Dasalomba untuk  menggali dan mencari bakat- bakat para mahasiswa terkait dengan ide atau gagasan, serta bakat – bakat seninya.

Pelaksanaan dasalomba ini berlangsung sejak bulan Juni hingga Agustus mulai dari pendaftaran peserta penjuruian hingga pengumuman juara. Dasalomba ini meliputi lomba-lomba baik akademik maupun non akademik diantarnya adalah Kompetisi Essay Nasional, Inovasi Media Pembelajaran, Baca Puisi, 3 Minuts Speech on Education, Menyanyi Keroncong, Menyanyi Pop, menyanyi dangdut, mendongeng, video profil pejuang pendidikan, lomba kreasi tari mahasiswa. Dua cabang lomba bertingkat nasional yaitu loma esay dan tari kreasi mahasiswa serta kedelapan lomba bertingkat regional.

Penjurian dasalomba ini berlangsung dari tanggal 11 Agustus hingga 14 Agustus. untuk tangkai lomba juri esay Dr. Pujianto, M.Pd. beliau adalah dosen FMIPA UNY, Dr. A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si. dari Institusi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sukinah, M.Pd. dosen dari UNY. Ketiga juri tersebut menetapkan bahwa untuk juara harapan 2 ialah Lia Permata sari DKK, dengan judul Membangun Karakter Anak Bangsa yang Berkebhinekaan Global Melalui Profil Pelajar Pancasila Untuk Mewujudkan Pendidikan di Indonesia yang Lebih Maju dari Universitas Muria Kudus. Juara harapan 1 Khairunnisa Zulfa Alifah, dkk dengan judul 4kids : Inovasi Gamifikasi Pembelajaran Berbasis Art And Culture Project Sebagai Design Representation Profil Pelajar Pancasila Mahir Digital Menuju Indonesia Maju dari UNY, Juara 3 Ummi Umairoh, dkk dengan judul Mewujudkan gen z sebagai agent of change di era society 5.0 dengan berlandaskan profit pelajar Pancasila dari Universitas Malikussaleh, juara 2 Nona Carolina, dkk dengan judul Aksentuasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Society 5.0 Guna Mengendalikan Krisis Moral Pelajar di Indonesia dari UAD dan untuk juara yang 1 Ghina Rohadatul 'Aisy, dkk dengan judul Revitalisasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kebhinekaan Global dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SD untuk Mewujudkan SDGs Pendidikan Berkualitas di Era R.I 4.0 dari UNY.

Penjurian dasalomba yang kedua inovasi media pembelajaran yang berlangsung secara daring. Lomba ini termasuk lomba yang masuk tingkat regional juri yang diberikan kepercayaan ialah ibu Novi Trilisiana, S.Pd., M.Pd. dari Dosen TP, Bapak Prayitno, M.Pd. dari doesn PAUD dan Ibu Dr. Shely Cathrin, S., Fil., M., Phil. Dari dosen KP. Sidang juri dilaksanakan pada hari sabtu 13 Agustus 2022 dan menghasilkan ketiga pemenang yaitu juara 3 dengan judul karya Piramida game dengan ketua Nabila Chairunnisa dari Prodi PG PAUD, juara 2 dengan judul karya "BATIKS" (Belajar Teknologi Sandang) yang di ketuai oleh Alifah Amrinada dari prodi PGSD dan juara 1 dengan judul karya Pordjo Kuy Gameboard diketuai oleh Isabela dari prodi PGSD.

Lomba membaca puisi pada dasalomba ini diberikan kepercayaan kepada Ndaru Murdopo, S.Pd beliau adalah seorang praktisi. Juri yang kedua adalah Salma Aulia Khosibah, S.Pd. beliau adalah Alumni UNY dan ibu Evi Rovikoh Indah Saputri, M.Pd, beliau adalah dosen UNY. Ketiga juri tersebut menetapkan juara lomba baca puisi untuk juara yang ketiga adalah Alya Dzikry Hafizzah dari prodi Kebijakan Pendidikan. Untuk juara kedua Pambayun Wardani Candra Dewi dari prodi PGSD. Dan juara 1 adalah I' Tiffany Yumna Paraswati dari prodi PLB.

Lomba 3-Minute Speech On Education ini merupakan lomba tingkat lokal Fakultas Ilmu Pendidikan yang dapat diikuti oleh mahasiswa aktif FIP secara individu. Lomba ini bertujuan mengasah kemampuan berpidato mahasiswa dalam bahasa Inggris selama 3 menit tentang isu-isu pendidikan sesuai tema lomba “Peran Pendidikan dalam Mewujudkan Mahasiswa yang Mandiri dan Merdeka belajar” lomba ini dilakukan penjurian oleh bapak Banyu Wicaksono, S.Psi., M.Sc. dosen UNY, Leona Patria Devi (Praktisi dan Alumni PBI FBS) dan Shinta Fitri Utami (Alumni PGSD FIP). Ketiga juri tersebut menetapkan bahwa untuk jaura ketiga adalah Anisa Qoni 'Azizah dari Prodi PSikologi, Silma Acnesya Rosyana dari prodi Teknologi Pendidikan sebagai juara yang kedua dan Denada Resta Wahyu Khusmiati dari prodi kebijakan pendidikan sebagai juara pertama.

Untuk lomba menyanyi meliputi lomba menyanyi dangdut, menyanyi keroncong dan menyanyi pop dilaksanakan penjurian oleh Drs. Pujiwiyana, M.Pd. selaku dosen UNY, Rafi Hamzah Alumni UNY, Heru Marian Toni, S.Pd. yang juga merupakan alumni UNY. Ketiga juri tersebut menetapkan pemenang untuk aktegori lomba keroncong juara 3 adalah Desi Syamdhani dari prodi Bimbingan dan konseling , juara 2 Esa Putri Nabillah dari prodi PG PAUD, I' Tiffany Yumna Paraswati Dari PLB sebagai jara 1. Untuk kategori dangdut Aprilia Ratnasari dari prodi PG PAUD sebagai juara ke tiga, Kartika Widi Nurhastuti dari prodi PG PAUD sebgai jaura kedua dan Andri Kurniawan dari prodi PGSD sebagai juara 1. Untuk kategori POP juara 3 dari Prodi PGSD atas nama Dwi Untari, juara kedua Maria Regina Krisma Gabriella dari prodi MP dan juara pertama dari prodi PG PAUD yaitu Maria Linovinka Ednata Putri.

Lomba mendongeng di juri oleh Ibu Yuli Nurmalasari, M.Pd. ibu Martha Christianti, M.Pd. dan ibu Octavian Muning Sayekti, M.Pd dengan menetapkan juara ketiga mendongeng ialah Nisa Shafryna dari jurusan Kebijakan pendidikan, juara kedua Mega Setya Handayani dari PGSD dan juara pertama Faiza Nisrina Hayati dari prodi PLS.

Untuk lomba Video profil pejuangan untuk penjurian diberikan kepercayaan oleh bapak Dr. Cepi Safruddin Abd Jabar, M.Pd., Sungkono, M.Pd.dan Adin Ariyanti Dewi, M.Pd.. ketiga juri tersebut menetapkan bahwa Haura Afifah dari prodi PG PAUD dengan judul karya Pahlawan Pendidikan Dusun Tosaren sebagai juara I.

Untuk lomba nasional yang kedua ialah Tari kreasi mahasiswa dengan juri Agnes Widiyasmoro,S.Sn. M.A dari ISI Yogyakarta, Sumargiono,S.Pd.T seorang seniman dan Dr. Joko Pamungkas.M.Pd dari UNY. Ketiga juri tersebut menetapkan jaura tari kreasi juara harapan 2 dari universitas negeri malang dengan judul tari “Kegiatan sehari hari petani” . juara harapan 1 dari Universitas Ngudi Waluyo dengan judul Unggaran, juara ketiga dengan judul tarian maos dari UIN Raden Mas Said Surakarta. Juara kedua dari universitas negeri Medan dengan judul "MARSIADAPARI", dan untuk juara pertama dari UNY dengan judul tarian Nyemprong.

Setalelah dilaksanakan penjurian kemudian diadadakan pengumuman lomba pada hari senin 15 Agustus 2022. Pengumuman dasalomba ini juga dapat di akses melalui Youtube FIPUNY Official dan Instagram fipunyofficial. (laskar bka fip uny)