Workshop Tinjauan Manajemen Hasil EMONEV Semester Gasal 2022/ 2023

Unit Penjaminan Mutu Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (PENJAMU FIPP UNY) mengadakan Workshop Tinjauan Manajemen Hasil EMONEV Semester Gasal 2022/ 2023, Senin 20 Februari 2023, di Ruang Aula Lantai 3, Gedung Muh. Amin FIPP UNY.

Workshop Tinjauan Manajemen Hasil Emonev Semester Gasal 2022/ 2023, diawali oleh sambutan dari Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd. Dekan FIPP UNY, selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY. Dalam sambutan, Dekan FIPP UNY juga membahas mengenai pentingnya Tinjauan Manajemen Hasil EMONEV ini agar Fakultas dapat menindaklanjuti perbaikan Mutu Internal Fakultas dan Seluruh Prodi pada Semester-Semester berikutnya.

Selanjutnya, Ketua Penjaminan Mutu FIPP UNY, Dr. Udik Wibowo, M.Pd., menyampaikan temuan hasil EMONEV Semester Gasal 2022/2023 dari setiap departemen berdasarkan data dari 20 departemen FIPP UNY. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Unit Penjaminan Mutu FIPP UNY, Dr. Udik Budi Wibowo, M.Pd. menyampaikan tingginya tingkat partisipasi responden dari seluruh mahasiswa 20 departemen di lingkungan FIPP UNY dalam memberikan penilaian terkait EMONEV Akhir Semester Gasal 2022/2021 dengan rerata EMONEV sebagian besar berada pada kategori “sangat baik”. Pada jenjang S1, S2, dan S3, Dr. Udik Wibowo, M.Pd. menyampaikan bahwa indikator terbaik pada EMONEV adalah Kesesuaian pembelajaran dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Kesesuaian umpan balik yang diberikan dosen dalam pembelajaran, serta Respon dosen dalam menanggapi pertanyaan dan pendapat mahasiswa. Meski demikian, masih ditemukan beberapa indikator yang masih perlu ditingkatkan seperti diantaranya, kesesuaian media dan alat bantu yang dipergunakan dalam perkuliahan, Kejelasan tentang cara penilaian hasil pembelajaran, Keefektivan penggunaan waktu dalam perkuliahan, Penggunaan teknologi up to date perkuliahan, Kecukupan intensitas pertemuan mahasiswa dengan dosen pembimbing dalam penyelesaian tugas akhir, Proses kualitas proses validasi dalam penyelesaian tugas akhir (Cek Plagiarisme), serta Penggunaan buku bimbingan/ kartu bimbingan dalam tugas akhir yang dipantau dengan menggunakan buku/kartu bimbingan.

Jajaran Pimpinan Fakultas, Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd. Dekan FIPP UNY (Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY), Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd. (Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FIPP UNY), Dr, Bambang Saptono, M.Si. (Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Umum, dan Sumber Daya FIPP UNY), serta Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. (Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha FIPP UNY) menanggapi dan menindaklanjuti terkait hasil EMONEV Semester Gasal 2022/2023. Didalam kesempatan ini, jajaran pimpinan fakultas menyampaikan beberapa rekomendasi yang bisa dilaksanakan untuk program studi (1) penggunaan waktu yang efektif dalam proses pembelajaran; (2) penggunaan media dan alat bantu perkuliahan perlu dioptimalkan dan diupayakan bervariasi; (3) perlu melakukan penjadwalan terstruktur dan selalu memantau progres penyelesaian tugas akhir mahasiswa; (4) mahasiswa dan dosen setiap departemen diharapkan dapat membuat loog book untuk melakukan pencatatan selama bimbingan tugas akhir berjalan; (5) terkait proses penilaian dalam pembelajaran, dosen setiap departemen diharapkan agar dapat menjelaskan poin – poin penilaian di awal pertemuan perkuliahan.

Sedangkan tindak lanjut oleh Fakultas dalam upaya melakukan perbaikan manajemen di tingkat Fakultas diantaranya adalah (1) Fakultas akan mengadakan workshop terkait media & teknologi up to date bagi seluruh dosen di lingkungan FIPP UNY, yang mana nantinya akan dapat digunakan untuk seluruh dosen dalam proses pembelajaran; (2) Fakultas akan menyediakan cek plagiarisme berupa turnitin bagi setiap departemen agar dapat melakukan validasi terhadap hasil tugas akhir.

Workshop Tinjauan Manajemen ini dihadiri pula oleh sekretaris penjaminan mutu fakultas, seluruh anggota unit penjaminan mutu fakultas, ketua departemen, koordinator program studi, admin penjaminan mutu fakultas, BPP fakultas, koordinator dan sekretaris layanan administrasi fakultas, serta sub layanan perencanan, keuangan, umum, dan sumber daya fakultas (dy).