Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome based Education

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta, Jumat, 17 Maret 2023. Kegiatan kunjungan ini dikemas dalam program Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis Outcome Based Education (OBE) yang dihadiri oleh Dekan FTIK UIN Maulana Ibrahim beserta para dosen di masing - masing program studi. 

Sebelum workshop dimulai, dilaksanakan terlebih dahulu acara pembukaan dan sambutan oleh perwakilan dari FTIK UIN Maulana Ibrahim dan FIPP UNY. 

Dekan FTIK UIN Maulana Ibrahim, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd., dalam sambutanya berharap FTIK bisa berkolaborasi dengan FIPP dan bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan yang dilakukan bersama dengan FIPP UNY.

Sedangkan Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaa, dan Alumni FIP UNY, Dr. Cepi Safruddin AJ, menyambut baik kedatangan rombongan FTIK UIN Maulana Ibrahim. "Selamat belajar dan berdiskusi, mudah-mudahan nanti setelah kegiatan ini masih ada kegiatan lain yang bisa kita kerjasamakan karena memang sekarang tidak bisa kita bekerja sendiri, "ujar Dr. Cepi.

Kegiatan dilanjutkan dengan Workshop Kurikulum Program Studi Berbasis OBE oleh Dr. Joko Pamungkas, M,Pd. dan Dr. Ali Muhtadi, M.Pd.

Wakil Dekan Bidang RKSIU FIPP UNY, Dr. Joko Pamungkas, M.Pd menjelaskan terkait dengan serba serbi dan tinjauan manajemen FIPP UNY. Dijelaksan Joko, bahwa UNY telah menjadi PTN BH. Jadi, jika sudah memiliki badan hukum itu berarti sudah menjadi institusi yang besar. Untuk memastikan agar tidak mengalami kendala di masa depan, badan hukum harus kuat. 

Terkait dengan kurikulm berbasis OBE, dijelaskan oleh Dr. Ali Muhtadi, M.Pd. Mengutip Spady (1994) Pendidikan berbasis hasil (Outcome-based education) berarti memulai dengan gambaran yang jelas tentang apa yang penting bagi siswa untuk bisa lakukan, kemudian mengorganisir kurikulum, instruksi, dan penilaian untuk memastikan bahwa pembelajaran ini pada akhirnya terjadi . Pembelajaran berorientasi luaran (OBE) adalah pendekatan sistem pendidikan dan metode pembelajaran dimana luaran menjadi fokus dan hasilnya dapat dilihat dari proses belajar (misal: prestasi mahasiswa di akhir perkuliahan dan lulusan). Metode OBE memberi tekanan kepada apa yang bisa dicapai mahasiswa setelah lulus mata kuliah, Student-Centered Learning (rit)