TEROBOSAN FIP UNY DALAM RINTISAN PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN DESA GIRIPURWO PURWOSARI GUNUNGKIDUL

Salah satu tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat dimaksudnya untuk memberikan pendampingan, pelatihan kepada masyarakat berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di perguruan tinggi untuk meningkatkan kemampuan, sumber daya yang ada di masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi dari tanggungjawab perguruan tinggi kepada masyarakat.

Sebagai wujud tanggungjawab perguruan tinggi dalam rangka pengabdian kepAda masyarakat, FIP UNY membuat terobosan Program Pengembangan Wilayah Desa Binaan di Desa Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul, yang akan direncanakan 1 bulan penuh dimulai tanggal 1 Oktober 2021.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY, Selaku Koordinator Kegiatan , Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pendampingan kepada masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Desa Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul . “Adapun program yang direncakanan adalah Pelatihan Pencegahan Pernikahan Dini, Dampak Pornografi dan Sosial Media, Pelatihan Pencegahan Kekerasan Perempuan dan Anak serta Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga untuk Pengurus PKK Giwipurwo, tanggal 1 Oktober 2021, Pelatihan Kepemimpinan Organisasi Kepemudaan, Pelatihan Karakter dalam Beroganisasi, Optimalisasi Peran Pemuda dalam Pembangunan Desa, dengan sasaran Karangtaruna Desa, tanggal 2 Oktober 2021. Pelatihan Kedudukan Media dalam Pembelajaran SD, Pelatihan Karya Ilmiah Guru SD, Pelatihan Tindakan Kelas SD, dengan sasaran Guru SD tanggal 9 Oktober 2021, Pelatihan Strategi Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus di Lembaga TK, Pelatihan Karya Ilmiah Guru PAUD, Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas TK bagi Guru PAUD di Lingkungan Desa Giripurwo, tanggal 16 Oktober 2021, Sarasehan Grand Desain Desa Budaya Giripurwo, dengan materi pelatihan Sinergis Perguruan Tinggi dengan Desa Binaan, Konsep Manajemen dalam Menyongsong Desa Budaya, Kerarifan Lokal dalam Menyongsong Desa mandiri Budaya, 23 Oktober 2021”, terang Joko.

Sementara itu Lurah Giripurwo, Supriyadi, menyampaikan terimakasih atas kerjasama dalam rangka peningkatan SDM di Giripurwo ini, khususnya terkait dengan 4 program pendampingan FIP UNY. Supri juga menyampaikan bahwa Giripurwo ini sudah menjadi desa budaya, oleh karena itu perlu peningkatan SDM dan keorganisasian . “Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti pada 4 program tadi. Kami membuka diri untuk kemajuan SDM masyarakat Giripurwo,” harapnya.

Senada dengan Lurah, Panewu Purwosari, Purwono, S.IP., M.Si., juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan FIP UNY dalam memberikan pendampingan kepada Desa Giripurwo. “Sebanyak 43% Penduduk Purwosari ada di Giripurwo, menggarap Giripurwo adalah memberikan warna Purwosari,”katanya. Purwono berharap kerjasama ini bisa menghasilkan tinta emas bagi Giripurwo khususnya, dan Gunungkidul pada umumnya.

Sedang Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd., secara resmi membuka kegiatan Program Pengembangan Wilayah Binaan FIP UNY. Sujarwo, dalam sambutannya menyampaikan program PPM ini merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta tujuan dari kegiatan ini Desa Giripurwo di dampingi FIP dapat mewujudkan desa mandiri budaya bersinergis dengan aktivitas pendidikan serta berharap kegiatan ini tidak berhenti pada tahun ini. “Kita lihat respon masyarakat. Semoga tahun depan kegiatan ini bisa berlanjut dengan program – program lainnya,”pungkasnya. (rit)