Temu Orang Tua Mahasiswa Baru Prodi PLS FIP UNY

Bidang Kemhasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan Universits Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan pada awal tahun ajaran baru. Temu orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Sekolah pada hari Selasa tanggal 21 September 2021 yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan live youtube fipunyofficial.

Narasumber kali ini yaitu Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan , Ibu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd yang merupakan Ketua Jurusan Prodi PLS, Arif Wijayanto, M.Pd. selaku pendamping mahasiwa jurusan PLS. Selain dibersamai oleh para narasumber turut mengundang bapak ibu dosen dari jurusan PLS FIP UNY.

Acara webinar temu orangtua ini dilaksanakan untuk menjalin silahrurahmi antar orangtua dan jurusan PLS. Pembukaan dilakukan oleh Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd. beliau mengatakan bahwa dalam pengelolaan mahasiswa berusaha memfasilitasi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, ada tiga sasaran perguruan tinggi itu berkualitas dengan baik yaitu jika mahasiswa lulus cepat. Untuk peningkatan layanan fakultas berusaha selama pandemi selalu berbenah untuk melayani mahasiswa dengan baik dan menciptakan lingkungan kampus dengan nyaman. “FIP juga memfasilitasi untuk merdeka belajar banyak kegiatan yang disiapkan di Prodi PLS untuk beradaptasi dengan masyarakat dan memberdayakan masyarakat”, paparnya.

Sambutan dan materi selanjutnya oleh Ibu Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd selaku ketua Jurusan PLS beliau mengatakan bahwa sudah mengajukan perubahan nama PLS menjadi PNF. Aktifitas kerjasama di tingkat prodi yaitu salah satunya dengan Kemhumhan DIY, sanggar kegiatan belajar, BPPAUD Dikmas, dll. Beliau juga menyampaikan kegiatan akademik, struktur kurikulum, dan kegiatan mahasiswa di lapangan. “Mahasiswa aktif dapat memanfaatkan fasilitas akademik yang tersedia di UNY”, pungkasnya.

Sambutan dan materi selanjutnya yang disampaikan oleh Arif Wijayanto, M.Pd. selaku pendamping mahasiswa PLS. Beliau menyampaikan mengenai organisasi kemahasiswaan dari tingkat Universitas, Fakultas, maupun jurusan PLS. Organisasi di jurusan PLS ada dua yaitu HIMA PLS dan DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi). HIMA PLS merupakan organisasi di tingkat jurusan untuk mewadahi mahasiswa PLS. HIMA PLS memiliki 6 bidang yaitu pengembangan ilmu dan studi, PSDM, Kominfo, Public relation, seni dan olah raga, kewirausahaan. Kegiatan tahun 2021 sudah terlaksana 80% terlaksana. “Manfaat mengikuti organisasi adalah mahasiswa dapat memanajemen waktu, proplem solving, mendapatkan relasi, dan dapat memanajemen program”, tutupnya

Dipenghujung temu orangtua mahasiswa baru Prodi PLS kali ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh Bapak Dr. Entoh Tohani, M.Pd. Pertama dibuka dengan pertanyaan salah satu wali mahasiswa mengenai kesempatan cuti minimal berapa semester, pertanyaan dijawab oleh Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd, beliau mengatakan bahwa pengambilan cuti selama kuliah hanya diberikan dua semester dengan mengurus form yang ada di Fakultas. Pertanyaan selanjutnya mengenai asrama di Kenari apakah dikhususkan untuk mahasiswa PGSD saja apa bisa untuk PLS juga bisa, pertanyaan tersebut dijawab oleh Bapak Dr. Sujarwo, M.Pd, beliau mengatakan bahwa asrama bisa digunakan oleh mahasiswa khususnya Fakultas Ilmu Pendidikan daftarnya juga secara online. Di asrama Kenari khusu putri, di asrama ada kegiatan-kegiatan seperti kajian dan lain-lain asrama ini di bawah pembinaan Bapak Wakil Dekan 3. Acara temu orangtua ini ditutup dengan informasi mengenai siakad untuk orang tua dalam ikut partisipasi monitoring aktifiatas akademik mahasiswa. (laskar BKA FIP UNY/rit)

Tags: