Studi Kunjungan Prodi S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Gorontalo ke FIPP UNY

Yogyakarta, 11 Juni 2024 – Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melaksanakan studi kunjungan ke Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kunjungan ini diterima langsung oleh Dekan FIPP UNY, didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Departemen Pendidikan Sekolah Dasar, Sekretaris Departemen, Ketua Unit Urusan Internasional dan Kerjasama (UUIK), serta Ketua Program Studi S2 Pendidikan Dasar FIPP UNY.

Dalam sambutannya, Dekan FIPP UNY menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif UNG dalam menjalin kerjasama ini. "Kami sangat menyambut baik kegiatan ini dan berharap kunjungan ini dapat ditindaklanjuti dengan program-program riil yang bermanfaat bagi kedua belah pihak," ujarnya. Beliau menekankan pentingnya kerjasama antaruniversitas dalam mengembangkan kualitas pendidikan, sejalan dengan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) ke-17 tentang kemitraan untuk mencapai tujuan.

Ketua rombongan dari UNG, Ketua Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd., mengungkapkan keinginan untuk belajar dari UNY terkait pengelolaan program studi magister pendidikan dasar. "Kami berharap dapat menyerap ilmu dan pengalaman dari UNY dalam mengelola program studi S2 Pendidikan Dasar agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di UNG," tuturnya. Dr. Irvin juga menegaskan komitmen UNG untuk terus memperkuat kerjasama akademik dengan UNY.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNY, Dr.Sekar Purbarini K, M.Pd., memaparkan profil Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNY. Ia menjelaskan berbagai konsentrasi yang ditawarkan serta fokus lulusan program studi ini dalam menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dan berdaya saing tinggi. "Kami memiliki berbagai konsentrasi yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan dasar saat ini, dan kami terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan kami," jelasnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat mempererat hubungan kedua institusi dan membuka peluang kerjasama lebih lanjut dalam bidang pendidikan dasar. Dengan semangat SDGs 17, UNY dan UNG berkomitmen untuk saling mendukung dan berbagi pengetahuan demi kemajuan pendidikan di Indonesia. (rit)