STEM-TPACK Design-Based Learning in The Primary School

Departemen Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema "STEM-TPACK Design-Based Learning in The Primary School" di ruang IDB lt.3 pada hari Kamis, 12 Februari 2024. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa S1, S2, S3, dan dosen, serta para profesional pendidikan yang tertarik dengan pengembangan pembelajaran berbasis desain di tingkat sekolah dasar.

Sambutan Ketua Departemen Pendidikan Sekolah Dasar oleh Dr. Supartinah, S.Pd., M.Hum. menyampaikan STEM membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi kompleksitas dunia modern dan TPACK mengembangkan strategi pembelajaran efektif dan relevan. Pukul 08.00 WIB, acara dibuka oleh Dekan FIPP UNY, Prof. Dr. Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd., yang menyampaikan sambutan. Beliau menyampaikan, “Kita hadir di kuliah umum ini bukan hanya sebagai peserta, tetapi sebagai komunitas pembelajar yang siap membuka diri dan hati untuk menerima berbagai informasi pengetahuan. Baik sebagai guru, dosen, atau mahasiswa, kita semua memiliki peran penting dalam memberdayakan masyarakat. Melalui kuliah umum ini, mari bersama-sama memperkaya kompetensi dan pengetahuan kita untuk dapat berkontribusi lebih baik dalam pembentukan masa depan yang lebih cerah", pesannya.

Pembicara Dadan Sumardani, S.Pd., M.Ed., M.Sc. (PhD Student at National Taiwan Normal University, Taiwan) Research consultant at RisetTop: Diskusi & Berbagi dan Anis Nur Fatimah, M.Ed. (Guru Sekolah Cikal Serpong) menyampaikan STEM-TPACK Design-Based Learning di sekolah dasar menjadi kunci penting dalam mempersiapkan anak-anak dengan pemahaman lintas mata pelajaran dan keterampilan teknologi. Kombinasi antara konsep STEM yang menekankan integrasi ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa, dan matematika dengan pendekatan TPACK menciptakan lingkungan belajar inovatif dan relevan. Adopsi metode ini menjadi langkah strategis dalam membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan.

Penulis: Agus Herwanto