Sosialisasi HKI untuk Dosen dan Mahasiswa FIPP UNY

Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha FIPP UNY menyelenggarakan kegiatan Sosialsasi HKI kepada Dosen dan Mahasiswa FIPP UNY, Jumat, 26 Mei 2023, diruang Aula Gedung Laboratirum Terpadu FIPP UNY.

Wakil Dekan Bidang RKSIU, Dr. Joko Pamungkas, M.Pd, secara resmi membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Joko mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk membantu bapak ibu dosen untuk menyiapkan output dari hasil penelitian berupa HKI. Dijelaskan Joko, penelitian tahun ini adalah penelitian cukup berat karena output yang dijanjikan itu betul-betul harus terwujud karena akan berpengaruh terhadap proposal yang tahun depan. "Jadi kalau kemudian outputnya tidak tercapai mungkin akan berdampak terhadap pengusulan yang tahun depan. Jadi inilah, suatu anggaran negara yang harus perlu dipertanggungjawabkan hasilnya seperti apa, Nah tahun ini dan kesempatan ini Kami mempunyai beberapa penelitian dari Fakultas Ilmu Pendidikan & Psikologi, ada yang RG, ada yang penugasan, ada yang DRPM, "terang Joko. Joko juga menyampaikan bahwa tahun 2023 ini FIPP mendapatkan penghargaan peringkat 1 UNY dengan kategori HKI terbanyak dalam DRPM Award 2023. Untuk itu, Joko berharap output hasil penelitian ini bisa diwujudkan dalam bentuk HKI.

Sementara itu, Surono, M.Pd., selaku narasumber pada kegiatan sosialisasi HKI ini menyampaikan tentang HKI. Surono mengapresiasi Dr. Joko Pamungkas, karena pernah mendapat penghargaan hak cipta terbanyak  di UNY tahun 2018-2019. "Salah satu strateginya dengan mengerahkan mahasiswa bimbingannya untuk menciptakan karya mulai dari pertunjukan, buku, modul, dll, "paparnya. 

Sebelum pemaparan secara teknis pendaftaran HKI, Surono menyampaikan tentang Hak Kekayuaan Intelektual. Kekayaan intelektual ini adalah sesuatu aset yang belum terwujud, adanya di pikiran kita, kalau sudah diwujudkan menjadi dokumen sertifikat baru bisa disebut Hak Kekayaan Intelektual. Hak kekayaan intelektual ada beberapa macam, yaitu hak paten, hak cipta, merek, desain industri, rahasia dagang, indikasi geografis, K.I. Komunal. dan desain tata letak sirkuit terpadu. Surono mencontohkan tentang IPAD. Logonya yang dalam bentuk apel itu adalah merk, bentuknya iPad itu adalah desain industri, chip yang ada di dalamnya itu adalah paten,  ya kemudian sirkuit yang ada di dalamnya biasanya orang-orang elektro itu namanya DTLST desain tata letak sirkuit terpadu, 'ungkapnya.

Berdasarkan pengalaman yang dia miliki sebagai reviewer HKI UNY, FIPP ini banyak HKI berupa hak cipta. Banyak karya di dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa FIPP, baik berupa modul, buku, panduan, alat peraga, aplikasi android, dan lain sebagainya. 

Terkait dengan pendaftaran HKi melalui Univeristas Negeri Yogyakarta, Surono menjelaskan beberapa tahapannya. Berkas yang harus disiapkan sebelum submit ke sistem pengajuan haki.lppm.uny.ac.id yaitu hasil karya, identitas pencipta, dan pemegang HKI, serta bukti bayar. Setelah berkas disiapkan pemohon bisa melengkapi form uang ada di website tersebut. Permohonan itu akan direview oleh reviewer yang dinjuk oleh UNY. setelah direview oleh reviewer dan dinyatakan tidak ada revisi, lalu dijaukan dengan DJKI.

Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen selaku ketua penelitian dan mahasiswa ketua kelompok penerima hibah penelitian FIPP tahun 2023. Antusiasme peserta bisa dilihat dengan banyaknya pertanyaan - pertanyaan yang disampaikan oleh narasumber. (rit)

Tags: