School Visit dari Srinakharinwirot University Thailand

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (FIPP UNY) menggelar acara penerimaan studi laboratorium yang dihadiri oleh tamu dari Srinakharinwirot University Thailand pada Jumat, 31 Mei 2024, di Kampus 3 FIPP UNY.

Kehadiran rombongan dari Srinakharinwirot University Thailand disambut oleh tim Unit Urusan Kerjasama dan Internasional FIPP UNY,  Tim pengembang KB/TK Lab. Pedagogia serta Kepala KB/TK dan SD Pedagogia.

Dalam kesempatan tersebut, Zidni, Kelapa SD Pedagogia, memaparkan profil SD Pedagogia yang merupakan sekolah laboratorium yang dikembangkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta. SD Pedagogia menawarkan model terintegrasi, konsep sekolah budaya, dan inklusifitas sebagai keunggulan utamanya. Program sekolah non-akademik yang ditawarkan mencakup kegiatan pembiasaan seperti Sekolah Tepat Waktu (Sepatu), Sepuluh Menit Melihat Lingkungan Sekitar (Semutlis), Kamis Jawi (memakai batik), Jumat Beramal (Jamal), Jumat Sehat, Jumat English, serta beragam kegiatan literasi dan kunjungan guru tamu. Selain itu, tersedia pula beragam ekstrakurikuler seperti renang, robotik, tari, pramuka, ICT, paduan suara, English Club, serta kegiatan keagamaan dan beladiri.

Sementara itu, Sri Uning, Kepala KB/TK Pedagogia memaparkan profil KB/TK Pedagogia yang merupakan sekolah laboratorium di bawah naungan FIPP UNY dengan fokus pada program Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak. Program unggulan yang ditawarkan meliputi Pendidikan Budaya, inklusivitas, pendidikan holistik, pendidikan etika berlalu lintas, serta berbagai program kolaboratif antara orang tua dan guru. Adapun kegiatan lainnya termasuk kelas inspiratif, fullday school, program lingkungan seperti 'Lihat Sampah Ambil Buang' dan 'Bank Sampah', serta pembentukan polisi cilik.

Setelah paparan profil dan diskusi selesai, dilanjutkan dengan field trip ke aktivitas pembelajaran di Pedagogia. Salah satu kegiatan menarik yang disajikan adalah pelatihan ecoprint, di mana peserta diajak untuk membuat karya ecoprint.

Rombongan dari Srinakharinwirot University Thailand terdiri dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Pengabdian kepada Masyarakat, dosen, serta mahasiswa S2 Pendidikan Nonformal. Keseluruhan acara berlangsung dengan antusias dan merupakan momentum penting dalam pertukaran pengetahuan antara kedua institusi pendidikan. (rit)