Prodi BK STKIP Andi Matappa Kunjungi FIPP UNY dalam rangka Wisata Karir

Sejumlah 50 mahasiswa dan 10 dosen dari STKIP Andi Matappa mengunjungi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam rangka Workshop Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling dalam Kemampuan Perencanaan Karier, Rabu, 1 November 2023, di Ruang Aula Laboratorium Terpadu FIPP UNY.

Pimpinan rombongan adalah Muhammad Ilham Bakhtiar, Dosen dari STKIP Andi Matappa, mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan untuk silaturahmi dan studi wisata karir ini. "Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi salah satu mata kuliah bimbingan karier di STKIP Andi Matappa dan berlangsung selama 4 hari, kunjungan ke Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang bimbingan karier kepada para mahasiswa dan dosen, serta untuk memperluas wawasan mereka tentang pendidikan di luar kampus, "ujarnya.

Sambutan hangat diberikan oleh Dekan FIPP UNY, Prof. Dr. Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd., yang berharap kunjungan ini dapat memperkuat kerjasama antara kedua institusi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha FIPP UNY, Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., memberikan selayang pandang tentang  FIPP UNY. UNY sudah menyandang status perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN BH). 

Selama kunjungan, para peserta mengikuti berbagai kegiatan, termasuk workshop dan diskusi, serta berkesempatan untuk  berkeliling di kampus UNY. Agus Triyanto, M.Pd., Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling FIPP UNY, seorang narasumber, memberikan wawasan tentang pentingnya perencanaan karier, menjaga kewarasan, dan berbagi pandangan tentang tujuan pengembangan karier.

Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk memperkuat kerjasama antara STKIP Andi Matappa dan UNY, serta memberikan manfaat yang berharga bagi peserta dalam memahami konsep dasar bimbingan dan konseling dalam karier. (rit)