Penjajakan Joint Publication dan Joint Research FIPP UNY dengan Prof. Ruyu Hung, Ph.d. The National Chiayi University, Taiwan

Fakultas Ilmu Pendidikan & Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan penjajakan joint research dan joint publication dengan Prof  Ruyu Hung, Ph. D., dari The National Chiayi University, Taiwan, 19 Mei 2023 di Gedung Muh Amien lantai 3. Prof. Ruyu merupakan professor bidang filosofi pendidikan yang memiliki pengalaman menulis jurnal scopus dan kolaborasi internasional yang tinggi.

Dalam paparannya berjudul Collaborative Writing, Prof Ruyu Hung menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kolaborasi internasional dalam riset atau penulisan, peneliti perlu mengambil langkah untuk melakukan penjajakan dengan berbagai pihak khususnya para peneliti luar negeri dengan memanfaatkan jejaring yang telah dimiliki. “Collaborative writing merupakan salah satu tren baru dalam penulisan jurnal ilmiah. Corresponding author atau penulis pertama biasanya menjadi koordinator dalam penulisan jurnal dengan model ini. Koordinator akan mengundang para penulis-penulis yang berminat untuk menyumbangkan idenya kurang lebih 500 kata tentang topik yang telah ditentukan. Selanjutnya tulisan yang dikumpulkan oleh masing-masing penulis dijadikan sebagai satu jurnal, “paparnya. Prof Ruyu Hung juga menyampaikan bahwa biasanya penulis inisiator atau penulis pertama menuliskan introduction untuk jurnal yang dibuat. Kreativitas dalam menuliskan ide khususnya dalam bidang-bidang teoritis dan filosofis sangat sesuai dengan model ini.

Dalam sesi tanya jawab dan penjajakan kolaborasi, Prof Ruyu Hung membuka lebar inisiasi kerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP). Prof. Ruyu Hung menyampaikan kesediannya untuk mendukung jurnal di naungan FIPP sebagai editor dan reviewer. Prof Ruyu Hung juga menyampaikan kolaborasi penelitian kedepannya dapat dilakukan khususnya pada bidang penelitian yang sesuai dengan fokusnya yaitu pada filosofi pendidikan, studi komparatif dan intercultural filosofi dalam pendidikan. (rit)

Penulis: Natri Sutanti, S.Pd., M.A.

Editor: Mareta Puspita, S.Pd.