Penguatan Teori dan Praktek Pendidikan Khusus bersama Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Ortopedagogik

Mata kuliah Ortopedagogik merupakan mata kuliah basic yang harus Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib tempuh dan bersifat basic. Tujuan dari perkuliahaan agar mahasiswa memiliki konsep dasar tentang Pendidikan Khusus secara filosofi, kajian material dan formal, sejarah perkembangan, serta aspek-aspek bidang garapan pendidikan khusus.

Capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) pada sikap mencapai kompetensi keterbukaan yaitu kontribusi terhadap pendidikan khusus, dan sikap professional tanggung jawab dan percaya diri untuk mengembangkan pendidikan khusus; pada aspek pengetahuan menguasai pendidikan khusus; pada aspek keterampilan khusus mampu menyusun dan mengembangkan program pendidikan khusus; serta mampu keterampilan umum mampu menyelesaikan permasalahaan pendidikan khusus.

Kajian mata kuliah meliputi: konsep pendidikan khusus, dasar-dasar pendidikan khusus, perkembangan pendidikan khusus, serta bidang garapan pendidikan khusus. Perkuliahaan dilakukan dengan tatap muka, studi literature menyusun peta konsep, dan pemaknaan melalui studi lapangan, studi kasus. Evaluasi dilaksanakan melalui Ujian Tengah Semester (UTS) melalui pengetahuan, dan penugasan untuk studi literartur dan lapangan baik secara individu ataupun kelompok, serta keaktifan diskusi melalui dialog.

Pada pelaksanaan perkuliahan ini terdapat 3 praktisi , 2 orang merupakan Guru Sekolah Luar Biasa yaitu Ibu Pebrianti, S.Pd, M.Pd dan Ibu Sylvi Noor Aini, S.Pd, M.Pd, dan satu orang merupakan Widyaiswara PPPPTK dan PLB. Pelaksanaan perkuliahan pada pertemuan awal membahas tentang hakikat, Sejarah dan perkembangan ortopedagogik disampaikan oleh Tim Dosen Pengampu yang diberikan oleh Prof. Mumpuniarti, dan Gena Diniarti. Sedangkan untuk Materi Hakikat, Jenis, Karakteristik dan Kebutuhan Peserta Didik Kebutuhan Khusus disampaikan sesuai kepakaran para praktisi yaitu khusus membahas Anak dengan Hambatan Pendengaran oleh Bu Sylvi Noor Aini, Anak dengan Hambatan Intelektual. Pembahasan tentang Anak dengan MDVI (Multipled Disabiliti Visual Impairment).

Pada Perkuliahan dengan praktisi mengajar melalui online dengan berbagai platform yaitu zoom, google meet dan Microsoft team. Pada perkuliahan ortopedagogik dengan menghadirkan praktisi mengajar ini diharapkan para mahasiswa dapat memahami baik secara teori ortopedagogik yang menjadi dasar dan juga pelaksanaan Pendidikan luar biasa di lapangan berdasarkan pengalaman para praktisi.

Aktivitas perkuliahan yang beragam melalui diskusi, studi kasus dan penyampaian quiz dengan menggunakan beragam aplikasi membuat aktivitas menyenangkan dan dapat lebih dipahami selain itu menjadi tambahan ilmu bagi para mahasiswa untuk memberikan pengajarannya kelak kepada para peserta didik berkebutuhan khusus. (GD/27/9/2023)