Pengembangan Pemebelajaran Berbasic Budaya Lokal

Program studi Pendidikan guru Pendidikan anak usia dini fakultas Ilmu Pendidikan dan psikologi universitas negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan yang bekerjasama dengan gugus kantil polanharjo klaten. dalam kegiatn ini peserta adalah guru baik dari PAUD hingga TK yang berada pada gugus tersebut. Telah dilaksanakan kegiatan workshop yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 26 September 2023. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00 hinggal 12.00 di Gedung IPHI Polanharjo Klaten.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyadarkan kepada guru- guru agar menghadirkan pembelajaran yang sesuai dengan keunggulan serta potensi daerah klaten. Potensi yang ada di daerah klaten itu sendiri dapat berupa permainan tradisional. Melalui matakuliah permainan tradidional untuk anak usia dini, mahasiswa bertukar pengalaman dengan guru mengenai permainan tradisional. melalui permainan tradisional ini dapat memberikan Pendidikan yang berkualitas dengan menghadirkan pembelajran yang berbasis kebudayaan local. dengan adanya inovasi permainan ini juga dapat membantu pertumbuhan ekonomi.

Dosen pengampu mata kuliah juga sekaligus menjadi narasumber pada kali ini adalah bapak Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. dan membawa para mahasiswa PG PAUD UNY untuk mengimplemantesaikan budaya local dengan para peserta workshop. Materi awal disampaikan oleh bapak Joko pamungkas mengenai pembelajaran berbasis budaya local dengan pretest terlebih dahulu. Pretest yang dilakukan seputar budaya local yang berada di klaten baik makanan maupun tempat wisata. Banyak dari peserta yang lebih mengetahui tentang budaya yang berada di barat dibandingkan dengan budaya yang ada di Klaten sendiri. Penting untuk mengajarkan anak berangkat dari budaya nya sendiri sebelum belajar tentang budaya yang lain.

Untuk mengangkat budaya local yang berada di klaten mahasiswa mencoba untuk mengimplemantasikan permainan tradisional . Praktek dilakukan oleh para peserta dan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.