Pengelolaan dan Pengembangan Laboratorium FIPP UNY

Konsekuensi UNY berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum harus setidaknya harus bisa mengelola aset dan program yang dimiliki demi kelangsungan perguruan tinggi. Hal ini yang mendorong universitas selalu mengembangkan unit atau fakultas agar bisa membuat program yang bisa berdampak pada peningkatan income generating. Salah satu unit yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan income generating adalah laboratorium yang ada di fakultas maupun program studi. Oleh karena itu pengelola laboratorium perlu dibekali untuk pengelolaan dan pengembangan laboratorium.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademi, Kemahasiswaan, dan Alumni FIPP UNY, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd., dalam kegiatan Pelatihan Pengelolaan dan Pengembangan Laboratorium FIPP, Jumat - Sabtu, 20-21 Oktober 2023, di Solo. 

Lebih lanjut, Dr. Cepi menegaskan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa mengidentifikasi potensi - potensi laboratorium yang nantinya bisa dikembangkan pada tahun 2024.

Sementara itu, Dekan FIPP UNY, Prof. Dr. Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd., meminta kepada para sekretaris departemen, pengelola laboratorium, laboran, dan tenaga kependidikan berupaya untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan laboratorium, agar bisa mendatangkan income generating. "Berbicara pengelolaan, tentu harus dilakukan secara efektif dan efisien. efektif sesuai dengan peruntukannya, mampu berdaya guna lebih antara lain laboratorium kita  menghasilkan produk, jasa dan layanan yang bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu mohon bisa mengidentifikasi potensi pengembangan laboratirum masing - masing, bersinergi antar laboratorum, antar FIPP, atau fakultas dan PT lainnya, "harapnya.

Prof. Nurtanio juga berpesan agar kegiatan ini bisa merancang dan menyusun program pengelolaan laboratorium yang efektif dan efisien sekaligus secara komprehensif. 
 
WAkil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Umum dan Sumber Daya, Dr. Bambang Saptono, M.Si., menyampaikan bawah kegiatan ini untuk  memberikan apresiasi kepada para peserta pelatihan ini karena FIPP UNY berhasil menempati peringkat 4 di liga IKU UNY. "Sebagai apresiasi atas kinerja dalam pemeringkatan ini, "ungkapnya. 

Sementara itu Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha, Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. mengucapkan terimakasih atas kinerja dalam pengembangan laboratorium pada tahun ini, sehingga banyak menghasilkan income generating untuk FIPP khususnya, UNY umumnya. 

Sebelumnya, dalam kegiatan ini dihadirkan narasumber dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Khresna Bayu Sangka, Ph.D. dengan menyampaikan materi yang berjudul Mencari Bentuk Pengelolaan Laboratorium Produktif (sharing session) UNS Innovation Hub, mengungkakan tentang pengalaman nya menginisiasi membentuk UNS Innovation Hub.

UNS Innovation Hub merupakan Inkubator Bisnis di Universitas Sebelas Maret yang memiliki peran dalam membantu proses hilirisasi inovasi dengan memfasilitasi pengembangan ide baru, penyaluran kreativitas, serta akselerasi inovasi dengan agenda utama pengembangannekosistem startup, dan komersialisasi/alih teknologi produk-produk akademik, riset dan inovasi civitas akademika UNS. (rit)