PENELITIAN MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS MENDUKUNG PENGEMBANGAN EFEKTIVITAS DAN INKLUSIVITAS FASILITAS PENDIDIKAN

Research Group dari Departemen Administrasi Pendidikan, Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan penelitian berjudul Manajemen Layanan Khusus pada Sekolah Dasar Swasta Unggul di SD Muhammadiyah Kleco Yogyakarta. Research Group ini diketuai oleh Dr. Priadi Surya, M.Pd., MPhil. bersama dengan Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd., Prof. Dr. Lia Yuliana, M.Pd., Prof. Dr. Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd., Dr. Setya Raharja, M.Pd. dan Aris Suharyadi, M.Pd. Kegiatan penelitian lapangan dilaksanakan di SD Muhammadiyan Kleco Yogyakarta, 23 Juni 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen layanan khusus yang diselenggarakan di SD Muhammadiyah berdasar analisis ilmiah. Pada disiplin ilmu Administrasi Pendidikan/Manajemen Pendidikan, penelitian ini memberikan wawasan khususnya manajemen pesera didik. Pada konteks yang lebih luas, penelitian ini mendukung kepada pencapaian tujuan dari SDG’s nomor 4, yakni memastikan pendidikan inklusif disertai kualitas yang merata dan mempromosikan kesempatan pendidikan sepanjang hayat bagi semua orang. Penelitian mengenai manajemen layanan khusus di sekolah ini selaras dengan pencapaian target nomor 4.a, yaitu membangun dan meningkatkan fasilitas pendidikan bagi anak-anak, yang sensitif bagi disabilitas dan gender, dan menyediakan lingkungan belajar yang aman, tanpa kekerasan, inklusif dan efektif bagi semua. Indikator dari dilihat dari proporsi sekolah-sekolah yang menawarkan layanan-layanan dasar, berdasarkan tipe-tipe layanannya. Semua tujuan ini salah satunya didorong melalui penelitian manajemen layanan khusus di sekolah dasar swasta unggul.

Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dengan mewawancarai para kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Layanan khusus utama yang diselenggarakan di SD Muhammadiyah Kleco meliputi perpustakaan, Usaha Kesehatan Sekolah, kantin (Badan Usaha Milik Sekolah), dan layanan Bimbingan Konseling. Manajemen layanan khusus di SD Muhammadiyah Kleco merupakan bagian dari manajemen sekolah secara umum. SD Muhammadiyah Kleco terdiri dari tiga sekolah yang secara administrasi terpadu di bawah naungan Perserikatan Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Meskipun terpisah menjadi tiga sekolah, pengelolaan mereka dilakukan secara terpadu dalam hal manajemen keuangan, SDM, dan kegiatan. Layanan khusus yang diselenggarakan meliputi perpustakaan, UKS, kantin (BUMS), dan BK. Perencanaan layanan khusus dilakukan secara terpadu dengan acuan usulan program pada masing-masing unit layanan khusus. Pembagian kerja dalam penyelenggaraan layanan khusus didasarkan pada kemampuan dan kompetensi masing-masing guru dan tenaga kependidikan. Layanan khusus dimonitor dan dievaluasi menggunakan instrumen monev yang dilaksanakan oleh koordinator atau penanggung jawab masing-masing layanan. (pri)