PELATIHAN PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA PENANAMAN BUDIPERTI PADA PENDIDIK PAUD DI DESA BINAAN GIRIPURWO

Kegiatan di desa binaan giripurwo memasuki hari ke tujuh adalah pengembangan permainan tradisional untuk pendidik paud dengan nara sumber Bapak Joko Pamungkas. Beliau mengawali kegiatan dengan mengenalkan lagu gotri. Lalu peserta diajak menyanyikan lagu gotri dan membuat lingkaran. Kemudian peserta menyanyikan lagu gotri 3 kali dengan menggunakan kotak snack, ketika lagu berhenti dan kotak snack berhenti di salah satu peserta maka peserta disuruh untuk maju ke depan, untuk menyanyikan lagu garuda, lagu yen esuk, dan membacakan pancasila. Setelah lagu nerman ABC lima dasar, jika peserta tidak menjawab diberi hukuman untuk maju dan dihukum sesuai kesepakatan misalnya ada yang menyanyikan lagu naik-naik ke puncak gunung sambil menggunakan gerakan, selain itu menyanyikan padang bulan. Permaian selanjutnya peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan bermain domikado, masing-masing kelompok yang pesertanya salah diberi hukuman sesuai dengan kesepakatan kelompok. Setelah permainan domikado selesai dilanjutkan permainan jimpitan dengan menggunakan lidi.

Kegiatan dilanjutkan dengan permainan “suk suk pari ambruk”, untuk yang kalah mendapatkan hukuman maju untuk membuat puisi spontan tentang petruk. Permainan “suk suk pari ambruk” dilakukan dengan duduk sejajar dan mengangkat tangan sambil bernyanyi. Setelah itu dilanjutkan dengan permainan pesan berantai. Permainan pesan berantai dilakukan dengan membuat gerakan dipunggung teman lainnya dan orang terakhir menebak pesan yang dimaksud. Kemudian dilanjutkan dengan permainan sim sim terima kasih, dan dikenalkan lagu aku due pithik cilik. Peserta di suruh untuk membuat gerakan sesuai dengan ide peserta yang di tunjuk, gerakan sesuai dengan lirik lagu pithik cili.Kegiatan disimpulkan ,cara dikembalikan dan acara ditutup oleh ke bapak Joko Pamungkas dengan berdoa dan foto bersama.( laskar bka fip uny)