Nonton Bareng mata kuliah pengembangan video pembelajaran dengan tajuk “Berbagi untuk Negeri”

Mata kuliah pengembangan media video pembelajaran yang diadakan pada Prodi Teknologi Pendidikan S1, Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP), Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan kegiatan pemutaran karya hasil akhir mahasiswa dengan tajuk “Berbagi Untuk Negeri”. Kegiatan tersebut dilakukan dalam kemasan Nonton Bareng hasil akhir pengembangan media, yang dilakukan pada tanggal 15 Juni 2023, mulai dari pukul 08:00 sampai dengan pukul 13:00.

Pemutaran karya ini dilakukan di Museum Pendidikan Indonesia, dengan melibatkan mahasiswa prodi KTP, dosen pengampu, juri dan civitas akademika UNY secara umum. Dalam pemutaran karya ini, juga diundang juri untuk memberikan penilaian dan komentar terhadap hasil karya mahasiswa.

Pemutaran karya dengan konsep nonton bareng ini, memperlihatkan karya mahasiswa prodi sarjana Teknologi Pendidikan, yang terdiri dari total 19 karya film pendek pembelajaran. Karya film pendek itu sendiri mengambil tema induk dari tujuan global SDGs yang diinisiasikan oleh UN sejak tahun 2015. Dalam kegiatan tersebut, film pendek dengan durasi maksimal 30 menit itu akan diputarkan secara berkelompok dan mendapatkan apresiasi dari juri berupa penilaian dan komentar.

Ariyawan Agung Nugroho, sebagai dosen pengampu dan inisiator kegiatan ini mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat digunakan sebagai embrio penyebarluasan karya mahasiswa yang mempunyai tujuan global, dengan tema sesuai dengan SDGs. “dengan kegiatan ini, harapannya mahasiswa dapat memberikan andil dan peran dalam menyebarluaskan sekaligus memberikan penyuluhan secara tidak langsung, sesuai dengan tujuan global, “ katanya. Dalam matakuliah ini, sasaran SDGs nya adalah lebih pada tujuan ke 4, kualitas pendidikan.

Selanjutnya, Suyantiningsih, M.Ed, Sekretaris Departemen KTP dalam sambutannya menyebutkan bahwa hasil yang didapatkan disini tidak hanya diharapkan sebagai pemenuhan tugas mata kuliah, akan tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis, dan mengembangkan media, khususnya media video yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Pemutaran karya mahasiswa ini dilaksanakan hanya satu hari dengan durasi sekitar 5 jam,dan diikuti peserta dan audience sebanyak sekitar 150 orang, dengan mempresentasikan hasil karya mahasiswa, memberikan komentar dan mengundang mahasiswa untuk memberikan testimoni Ketika mengembangkan media video pembelajaran tersebut. Mahasiswa mengembangkan media video dengan mengacu beberapa tema SDGs, yang kemudian dituangkan dalam film pendek dengan judul tertentu, seperti tujuan ketiga, good health and well-being, tujuan ke empat, good education, dan lainnya. (hox)