Multimedia Pembelajaran Sebagai Ranah Peningkatan Kualitas Pendidikan, Pekerjaan, Inovasi dan Kemitraan

Program Studi Magister Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Yogyakarta berperan sebagai peningkat mutu pendidikan melalui pembelajaran yang facilitating learning dan improving performance untuk peserta didik maupun pendidik. Salah satu indikator kualitas pendidikan yang baik adalah dari proses pembelajarannya. Agar proses pembelajaran dan hasil yang diharapkan sesuai dengan apa yang diinginkan hal tersebut tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya faktor sarana. Sarana dapat dikemas dalam bentuk media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan motivasi. Media pembelajaran diantaranya dapat disajikan secara visual, audio, teks, animasi atau gabungan dari beberapa media yang disebut dengan multimedia.

Program Studi Magister Teknologi Pembelajaran memiliki mata kuliah multimedia pembelajaran yang melahirkan produk-produk media pembelajaran yang tidak hanya multimedia pembelajaran namun juga e-book, poster pembelajaran atau umum, logo, dan video pembelajaran. Pentingnya mata kuliah tersebut tidak hanya menyasar pada peningkatan kualitas pendidikan melalui penerapan inovasi media pembelajaran (SDGs 4 dan SDGs 9) namun juga dapat meningkatkan kemitraan dengan lembaga pendidikan ataupun usaha yang memerlukan seorang pengembang teknologi pembelajaran yang ingin dibantu dalam mengembangkan media atau dibantu dalam mendesain poster atau logo usaha (SDGs 17). Sehingga dapat menjadi ladang pekerjaan dan mendukung pertumbuhan ekonomi (SDGs 8).

Dapat disimpulkan bahwasannya Program Studi Magister Teknologi Pembelajaran sangat mendukung sustainable development Goals diantaranya SDGs #4 quality education, SDGs #8 decent work and economic growth, SDGs #9 industry, innovation, and infrastructure dan SDGs #17 partnership for the goals.