Mata Kuliah Psikologi Industri dan Organisasi Mendorong Kesiapan Era Industri 5.0 Dalam Upaya Pencapaian Sustainable Development Goals (SDG)

Saat ini masyarakat sedang memasuki erai industri 4.0 yang menekankan pada bagaimana melaksanakan pekerjaan secara otomatis, perlahan namun pasti saat ini pergerakan industri telah bergerak ke arah yang baru yaitu era industri 5.0 di mana industri tersebut menekankan pada perluasan prospek kerja serta pengoptimalan tanggung jawab dalam penyelesaian pekerjaan. Dalam menghadapi era industri 5.0, individu minimal wajib memiliki 3 kompetensi dasar selain technical competence, yaitu critical competence yang berkaitan dengan metode pendekatan dalam menyelesaikan problematika dalam pekerjaan , personal competence yang berkaitan dengan kemampuan dalam menghadapi tantangan secara efektif , dan social competence yang berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk membuka diri dan bekerja sama dengan orang lain dalam dunia kerja serta kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan tepat dalam situasi lintas budaya di dunia kerja.

Berdasarkan hal tersebut, maka dalam mempersiapkan era industri 5.0, maka prodi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) UNY melalui mata kuliah psikologi industri dan organisasi berupaya untuk menguatkan mahasiswa dengan tiga penguatan kompetensi dasar , antara lain critical competence, personal competence, dan social competence. Pada penguatan critical competence diperoleh melalui mata kuliah psikologi industri dan organisasi pada materi; 1) makna dan perilaku manusia dalam organisasi; 2) persepsi, atribusi, dan emosi dalam perilaku kerja. Sedangkan pada personal competence melalui mata kuliah psikologi industri dan organisasi diperoleh pada materi; 1) nilai-nilai kerja; 2) motivasi kerja; serta 3) teori-teori motivasi kerja; Selanjutnya pada social competence melalui mata kuliah psikologi industri dan organisasi diperoleh dari materi; 1) perbedaan individu dan perilaku kerja; 2) komunikasi organisasi; serta 3) kondisi kerja dan faktor manusia.

Melalui materi pada mata kuliah psikologi industri dan organisasi, maka mahasiswa diharapkan tidak hanya siap dalam menghadapi era industri 5.0, tetapi juga untuk tujuan jangka panjang, yaitu mempersiapkan diri dalam mendorong pencapaian tujuan Pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDG’S), antara lain membangun pendidikan yang berkualitas (SDG 4), di mana dalam mata kuliah psikologi industri dan organisasi tidak hanya membekali mahasiswa dalam penguasaan keilmuan psikologi dalam setting industri atau organisasi namun juga membekali mahasiswa dengan penguasaan critical competence, personal competence, dan social competence yang dibutuhkan individu untuk dapat bertahan di tengah gempuran persaingan dalam dunia kerja. Ketika individu sanggup bertahan dalam persaingan industri , maka secara tidak langsung individu-individu tersebut akan memiliki kesiapan secara mental untuk berinovasi di era industri 5.0 (SDG 9).

Dengan menghubungkan mata kuliah psikologi industri dan organisasi dengan pencapaian indikator SDG’s, pendidikan diarahkan dalam penguasaan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa prodi psikologi FIPP UNY untuk bertahan dan bersaing dalam dunia kerja. Mahasiswa tidak hanya paham mengenai perubahan era industri yang terjadi namun juga memiliki kekuatan untuk bisa menghadapi nya serta mampu melakukan inovasi dalam dunia kerja.