Kontribusi Mata Kuliah Evaluasi Media Pembelajaran Terhadap Pencapaian Indikator SDG's di Dunia Pendidikan

Belajar dimaknai sebagai proses membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap sehingga dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dibangunnya itu individu mengalami perubahan perilaku yang positif (dari tidak tahu menjadi tahu, kurang terampil menjadi lebih terampil, kurang jujur menjadi lebih jujur, dan lain-lain). Proses membangun dalam konteks belajar memerlukan media pembelajaran. Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran sangat penting agar mampu membelajarkan individu dalam arti yang substansial. Sayangnya dalam banyak bukti (melalui evaluasi media pembelajaran) menunjukkan bahwa media pembelajaran, baik yang by design maupun yang by utilization belum memenuhi prinsip pengembangan media pembelajaran.

Mata kuliah Evaluasi Media Pembelajaran memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa magister Teknologi Pembelajaran agar mampu mengevaluasi berbagai jenis media pembelajaran. Evaluasi media pembelajaran merupakan proses menilai berbagai jenis media pembelajaran berdasarkan kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan dengan tujuan untuk mengambil keputusan dan atau memberi rekomendasi atas media pembelajaran yang dievaluasi. Secara spesifik matakuliah ini mengkaji tentang konsep evaluasi, tujuan, manfaat, dan pentingnya evaluasi media pembelajaran; bagaimana melakukan perencanaan dan pelaksanaan evaluasi media pembelajaran; prosedur dan teknik pengumpulan data dalam evaluasi media; prosedur pengembangan instrumen penilaian dan rubrik penilaian media; konsep, karakteristik (komponen penting) berbagai jenis media pembelajaran dan menentukan kriteria media pembelajaran yang layak; validitas & reliabilitas instrumen; teknik analisis data, serta praktek pengembangan instrumen penilaian media pembelajaran.

Mata kuliah Evaluasi Media Pembelajaran bagi mahasiswa magister Teknologi Pembelajaran memiliki kontribusi bagi pencapaian indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG’s). Beberapa bukti yang dapat ditunjukkan bahwa mata kuliah ini berkontribusi bagi pencapaian indikator SDG’s meliputi; 1) Peningkatan Kualitas Pendidikan (SDG 4), atas dasar Evaluasi Media Pembelajaran dapat merekomendasikan perbaikan media yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan atau pendidikan; 2) Peningkatan Akses Pendidikan Berkualitas (SDG 4), melalui matakuliah ini dapat dikembangkan media berbasis digital yang mampu memfasilitasi pembelajaran secara daring sehingga bisa diakses oleh banyak pengguna dari segala penjuru; 3) Kesetaraan Gender (SDG 5), melalui mata kuliah ini dapat merekomendasikan pengembangan media pembelajaran untuk membangun kesadaran kesetaraan gender; 4) Kesadaran Meyediakan Sanitasi dan Air Bersih (SDG 6), melalui mata kuliah ini dapat merekomendasikan pengembangan media pembelajaran bagi masyarakat luas agar sadar terhadap sanitasi dan menjaga kebersihan lingkungan sehingga sumber air bersih tetap terjaga; 5) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG 8), melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga dapat menjadi bekal berwirausaha di bidang pengembangan media, 6) Kemitraan untuk Tujuan (SDG 17), matakuliah ini melibatkan guru melalui FGD untuk mengevaluasi media pembelajarn yang digunakan guru yang bertujuan untuk memperbaiki media yang lebih layak dan praktis untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.

Mata kuliah Evaluasi Media Pembelajaran membekali mahasiswa agar mampu mengevalusi berbagai jenis media pembelajaran sekaligus membekali mahasiswa untuk mengembangkan berbagai jenis media pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Atas penguasaan kemampuan itu, diharapkan para alumni magister Teknologi Pendidikan dapat menjadi agents of change untuk mewujudkan Pendidikan yang berkualitas.