KMMD FIPP UNY Gelar Seminar Psikologi untuk Meningkatkan Kesehatan Mental dan Well-being di Lingkup Pendidikan

Yogyakarta, 4 Juni 2024 – Keluarga Mahasiswa Magister dan Doktor (KMMD) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan seminar psikologi dengan tema "Meningkatkan Kesehatan Mental dan Well-being di Lingkup Pendidikan". Seminar ini merupakan salah satu program kerja Pengembanga Sumber Daya Manusia (PSDM) KMMD FIPP UNY dalam rangka mewujudkan mahasiswa yang berkarakter dan berwawasan luas, serta mampu berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan di Indonesia.

Seminar ini dilaksanakan pada hari Selasa, 4 Juni 2024 di Aula Abdullah Sigit Lt. 3 FIPP UNY. Acara ini dihadiri oleh Ormawa S2 dan S3, dan Peserta yang merupakan mahasiswa UNY. Narasumber dalam seminar ini adalah Dr. Faridah Harahap, S.Psi., M.si

Dalam laporannya, Ketua Panitia, Desiana Anggreine Pasaribu.S.Psi, menyampaikan bahwa kesehatan mental dan well-being merupakan hal yang sangat penting dalam bidang pendidikan, baik itu peserta didik, pendidik, maupun tenaga kependidikan lainnya. "Kesehatan mental yang baik akan mendukung proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas," ujarnya. Ketua panitia mengakhiri laporannya dengan menyampaikan yel-yel, “Seminar Psikologi KMMD FIPP UNY 2024 jawabanya emosi positif dalam diri kita” ujarnya

Sementara itu, Wakil Ketua KMMD FIPP UNY, Rizki Ajhari Panjaitan. S.Pd., menjelaskan bahwa tujuan dari seminar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang pentingnya kesehatan mental dan well-being di lingkup pendidikan. "Kami juga ingin peserta tau tentang bagaimana menjaga kesehatan mental dan well-being mereka, serta mampu menerapkan slogan didalam tubuh yang sehat terdapa jiwa yang kuat" tuturnya dalam sambutan serta membuka Acara secara resmi.

Seminar ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi dengan pemaparan materi oleh Dr. Faridah Harahap, S.Psi., M.si., dengan judul "Mengenal Kesehatan Mental dan Well-being di Lingkup Pendidikan". Dalam materinya, Dr. Farida menjelaskan tentang definisi kesehatan mental, faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan mental, dan tanda-tanda masalah kesehatan mental, memberikan strategi dan tips kepada peserta tentang bagaimana menjaga kesehatan mental dan well-being mereka, baik dalam peran sebagai peserta didik, pendidik, maupun tenaga kependidikan lainnya.

Seminar ini diakhiri dengan sesi kedua atau tanya jawab. Peserta tampak antusias mengikuti seminar ini dan memberikan banyak pertanyaan kepada para narasumber.

PSDM KMMD FIPP UNY berharap dengan terselenggaranya seminar ini, para peserta dapat lebih memahami pentingnya kesehatan mental dan well-being di lingkup pendidikan. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta lingkungan pendidikan yang kondusif dan mendukung proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

Tags: