Integrasi SDGs ke 16 “Peace, Justice and Strong Instution” pada Mata Kuliah Organisasi Pendidikan

Tujuan ke 16 Sustainable Development adalah mendorong masyarakat yang damai, inklusif, dan mewujudkan lembaga yang adil, efektif, serta akuntabel pada semua jenjang. Tujuan ini salah satunya berimplikasi pada pentingnya organisasi pendidikan untuk aman dari diskriminasi dan kekerasan serta juga bersih dari penyakit birokrasi.

Mata kuliah Organisasi Pendidikan pada Prodi S1 Manajemen Pendidikan memiliki concern terhadap hal di atas. Sebagai mata kuliah yang mengkaji tentang dasar-dasar ilmu organisasi dan penerapannya di organisasi pendidikan, mata kuliah ini meninjau keefektivan organisasi tidak hanya dengan pendekatan klasik atau rasional/mekanistik, namun juga pendekatan neo klasik atau humanis yang mengedepankan pada kesejahteraan fisik dan psikologis anggota organisasi. Selain itu mata kuliah ini juga membedah kasus-kasus organisasi untuk lebih memahamkan mahasiswa tentang perilaku organisasi. Dalam hal ini, komunikasi dan budaya serta iklim organisasi yang sehat juga menjadi diskursus dalam perkuliahan. Beberapa kasus aktual yang dibahas dalam perkuliahan Organisasi Pendidikan adalah tentang gaya komunikasi yang asertif agar iklim kerja kondusif, kesehatan mental di lingkungan kerja dan kebijakan tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.

Untuk mewujudkan lembaga yang kuat dan akuntabel, organisasi pendidikan perlu ditunjang dengan birokrasi yang sehat. Salah satu tujuan mata kuliah Organisasi Pendidikan adalah mahasiswa mampu menganalisis unsur-unsur kapabilitas organisasi sehingga diharapkan kelak mereka dapat mengikis patologi birokrasi. Penyakit dalam birokrasi seringkali menjadi pangkal terjadinya ketidakadilan struktural di masyarakat. Oleh karena itu kajian perkuliahan juga mencakup tentang teori birokrasi dan patologi serta cara pencegahan/penanggulangannya. Dalam hal ini proses pembelajaran yang dilakukan adalah dengan menganalisis kasus-kasus patologi birokrasi dan menganalisis sebab serta mencari solusinya. (rahmania)