Guest Lecturer Intercultural Learning: Comparative Philosophy as an Approach

Fakutlas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Guest Lecturer dengan menghadirkan narasumber dari National Chiayi University, Taiwan, Prof. Dr. Ruyu Hung, Ph.D, Rabu, 24 Mei 2023, di Ruang Aula Lantai 3 Gedung Terpadu FIPP UNY, secara hibrid.

Guest lecturer bertemakan Intercultural learning: Comparative Philosophy as an Approach. Prof. Ruyu Hung sharing tentang gagasan tentang alam, seni dan pendidikan yang terjalin secara menarik. Menurutnya, Seni dan alam hidup berdampingan secara harmonis untuk pendidikan yang lebih baik. Kesenian yang memiliki keindahan, kreativitas dan makna yang kuat dapat memberikan implikasi yang mendalam bagi pendidikan. Selain itu, prof. Ruyu membuka diskusi terkait bagaimana cara mengembangkan kolaborasi dan penelitian antar budaya dalam filsafat pendidikan, serta bagaimana melanjutkan dan mengerjakan proyek antar budaya dan proyek internasional.

Pada sesi diskusi, beberapa peserta menyampaikan idenya terkait dengan penelitian antar budaya yang relevan dengan Indonesia, seperti budaya lingkungan hidup dengan menyediakan bank sampah, mengaitkan seni dengan pendidikan seperti motif batik yang digunakan dalam pembelajaran matematika, dan lain sebagainya. Hal tersebut memiliki kolerasi dengan pembahasan Prof Ruyu sebelumnya, bahwa seni dan budaya merupakan jalan yang sangat bagus untuk membantu manusia mengembangkan dirinya melalui pendidikan. Salah  satu ajaran pendidikan di Asia Timur adalah mengikuti alam untuk mencapai keharmonisan antara alam dan manusia, yang merupakan inti dari pengembangan diri sebagai landasan pendidikan humanistik Asia Timur. Untuk mengungkap filosofi pendidikan Asia timur ke dunia global yang kontemporer, Prof. Ruyu mencontohkan seni kalender jepang, arsitektur taman, seni puisi kolaboratif, serta bahasa antara manusia dan alam. Pada akhir pemaparan, Prof. Ruyu menekankan pentingnya seni dan budaya, estetika dan etika dalam pengajaran, sehingga dapat membawa pendidikan ke arah yang lebih maju, berbudaya, dan bermoral.

Guest Lecturer ini dihadiri oleh pada dosen dan mahasiswa S2 dan S3 FIPP UNY baik secara luring maupun daring melalui zoom meeting dan live youtube. 

 

Penulis: Amalia Rizki Ardiansyah, S.Pd., M.Pd
Editor : Mareta Puspita, S.Pd.