FIPP UNY terima Kunjungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar

Sebanyak 25 Kepala Sekolah dari Program Sekolah Penggerak Kabupaten Bliter mengunjungi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta dalam kegiatan Mengenal Lebih Dekat di Sekolah Inklusif, Senin, 29 Mei 2023, di ruang Gedung IDB FIPP UNY. Rombongan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, drh. Adi Andika, M.Si dan Kepala Bidang Pendidikan SD dan Luar Sekolah, PAUD Kabupaten Blitar.

Sementara itu, Pihak Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY disambut oleh Dekan FIPP, Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha, Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., Ketua Departemen Pendidikan Luar Biasa FIPP UNY, Dr. Hermanto, M.Pd, dan Kepala Laboratorium PLB FIPP UNY, Dr. Sukinah, M.Pd., serta Koordinator Layanan Administrasi dan UUIK FIPP UNY.

drh. Adi Andika selaku kadinas pendidikan kabupaten bliitar dalam sambutannya menyampaikan maksud yang pertama kedatangan bersama rombongan dalam rangka penjajakan kerjasama antar intitusi kedepan serta memberikan apresiasi kepada guru penggerak ini karena sebagai garda terdepan dalam pembangunan Pendidikan di Kabupaten Blitar, serta untuk menambah wawasan ilmu khususnya terkait dengan pengelolaan atau pembinaan siswa berkebutuhan khusus. Menurutnya masih banyak kendala di lapangan dalam menyikapi siswa yang berkebutuhan khusus. drh. Andika juga berpesan kepada rombongan agar memanfaatkan mementum ini untuk mencari pengalaman dari narasumber sehingga permasalahan di lapangan bisa diatasi.

Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar untuk berkunjung ke FIPP UNY. Sujarwo berharap tidak berhenti pada kunjungan, tetapi ditindaklanjuti dengan kegiatan lain. "Saat ini UNY menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) ke 17 dari 21 PTN yang berbadan hukum. Mahasiswa FIPP UNY sekitar 7000 mahasiswa tersebar ke dalam 9 prodi S1, 9 prodi S2, dan 3 prodi S3. Jumlah dosen 197 orang, GB 26 orang, yang S3 Doktor 104 orang, 51% sudah doktor, yg sedang sekolah S3 72 orang. UNY berencana nolisasi dosen S2, kecuali dosen yang mendekati pensiun dan sakit, semua harus S3, dosen muda CPNS wajib hukumnya langsung ambil S3, "kata Sujarwo

Prof Sujarwo melanjutkan, ini kita siapkan karena atmosfer iklim di UNY untuk meningkatkan kualitas layanan mau tidak mau, Pak rektor itu program unggulannya adalah peningkatan SDM. Peningkatan SDM tidak hanya dosen termasuk tendiknya, tendik yang S3 3 orang, sedang S2 sekitar 30 orang. dan semua karyawan minimal S1/D4.

Terkait dengan kerjasama kedepannya, FIPP UNY siap untuk bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, bisa dalam bentuk penelitian, peningkatan SDM, pelatihan pembelajaran, inovasi pembelajaran, pembinaan kepala perpustakaan, bimbingan administrasi sekolah, dan lain sebagainya.

Setelah acara seremonial selesai, dilanjutkan dengan pengenalan Departeman Pendidikan Luar Biasa oleh Kepala Departeman PLB, Dr. Hermanto, M.Pd. serta Materi tentang Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidkan Inklusif oleh Ketua Laboratorium PLB FIPP UNY, Dr. Sukinah, M.Pd. (rit)