FIPP UNY: Coaching Clinic untuk Tingkatkan Kualitas Proposal Hibah Kompetisi DRTPM

Yogyakarta, Kamis, 14 Maret 2024 - Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha (RKSIU) Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar sebuah acara yang penting bagi para peneliti, yakni Coaching Clinic Penyusunan Proposal Hibah Kompetisi DRTPM. Acara ini berlangsung di Ruang Sidang 1 FIPP UNY, menampilkan narasumber ahli, Prof. Dr. Yoppy Wahyu Purnowo, M.Pd, yang juga merupakan salah satu reviewer dari DRTPM dan dosen FIPP UNY.

Dalam sambutannya, WD RKSIU, Dr. Siti Rohmah, menekankan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen FIPP UNY untuk mendukung dosen dalam meningkatkan kualitas riset mereka dengan pendanaan eksternal, termasuk dari DRTPM. "Pak dekan sudah melakukan kontrak dengan Rektor yaitu 15 penelitian dengan pendanaan eksternal, itu harus diupayakan. Mau tidak mau harus ajukan proposal, salah satunya proposal hibah DRTPM yang dibuka pengajuannya sampai tanggal 26 Maret 2024," ungkap Dr. Siti.

Menurut Prof. Yoppy Wahyu Purnowo, "Strategi agar proposal bisa lolos baik dari sisi administrasi maupun substansi sangatlah penting. Selalu mengikuti panduan proposal yang telah ditetapkan serta memastikan kepatuhan terhadap template merupakan hal yang krusial." Prof. Yoppy juga menyoroti pentingnya komponen penilaian administrasi, seperti kesesuaian isi perbagian, jumlah kata perbagian, model penulisan sitasi, dan penulisan daftar pustaka.

Lebih lanjut, Prof. Yoppy menjelaskan kriteria penilaian terkait dengan substansi proposal. "Komponen penilaian meliputi rekam jejak ketua, urgensi penelitian, metode penelitian, referensi, dan rancangan anggaran belanja. Semua harus dibuktikan dengan fakta yang relevan, seperti rekam jejak yang relevan, kebaruan referensi, dan kelengkapan rancangan anggaran belanja," jelasnya.

Diharapkan Coaching Clinic ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para dosen FIPP UNY dalam menyusun proposal riset yang berkualitas dan dapat bersaing dalam mendapatkan hibah kompetisi DRTPM serta pendanaan eksternal lainnya. (rit)