DOSEN MENGABDI UNTUK PENINGKATAN KINERJA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MENUJU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS

Program dosen berkegiatan diluar kampus (DLK) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta. Pada tahun 2023 DLK diselenggarakan bertajuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pembelajaran Inovatif yang Memerdekakan dan Membangun Kemandirian Belajar”. Tema yang diambil berdasarkan kondisi yang ada dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar se-kecamatan Bulu. Tidak sedikit sekolah yang masih belum sepenuhnya memahami akan pentingnya penanaman pembelajaran bermakna untuk membangkitkan semangat kemadirian belajar bagi guru dan siswa. Kegiatan diselenggarakan pada tanggal 7-8 Juli 2023 di SDN Malangan 3 Bulu Kabupaten Sukoharjo. Peserta dalam kegiatan DLK berasal dari beberapa perwakilan guru SD se Kecamatan Bulu dengan jumlah 100 orang.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) merupakan salah satu usaha untuk membersamai para Bapak/Ibu guru dalam memahami makna tujuan pembangunan (Sustanable Development Goals/SDG’s) dalam ranah pedagogik. Sustainable Development Goals (SDGs) adalah serangkaian tujuan global yang dirumuskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengatasi berbagai tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan di seluruh dunia. Dalam konteks pedagogik, SDGs dapat menjadi kerangka kerja yang penting untuk memandu pendidikan dan pengembangan anak-anak serta orang dewasa. Tentu SDG’s ini tidak hanya dimaknai dari sektor makro saja, sektor mikro perlu mendapat perhatian lebih. Ujung tombak dalam SDG’s sebenarnya adalah bagaimana kita mampu mempersiapkan calon penerus bangsa yang nantinya akan dapat meneruskan perjuangan pembangunan bangsa.

Pembelajaran yang bermakna dapat dilakukan dengan terus melakukan inovasi dalam usaha mengatasi permasalahan pembelajaran yang ada serta bagaimaiana kita mampu memfasilitasi pembelajaran. Kegiatan DLK PKM Departemen KTP membawakan beragam materi yang menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan Bapak/Ibu guru di sekolah dasar se-kecamatan Bulu. Materi utama yang dibawakan oleh Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. bertajuk “Pembelajaran Inovatif yang Memerdekakan Belajar” serta materi kedua yang dibawakan oleh Dr. Deni Herdianto, M.Pd. dengan tema “Kurikulum Merdeka Pembelajaran dan Asesmen”. Selain materi umum, kegiatan ini juga memberikan beberapa materi pendukung. Materi tersebut dibawakan oleh beberapa kelompok dosen Departemen KTP, diantaranya yaitu: (1) Strategi pengembangan keterampilan belajar mandiri; (2) Konsep dan implementasi kurikulum merdeka; (3) Pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan dengan menggunakan Canva; (4) Pemanfaatan media sosial untuk memfasilitasi kemandirian belajar dan kreativitas peserta didik; (5) Literasi media untuk mendukung pembelajaran era digital.

Konsep kegiatan DLK PKM dilaksanakan secara workshop dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning dengan jumlah 32 JP. Workshop dilaksanakan secara luring dengan diawali penjelasan dari masing-masing materi, baik itu materi umum maupun materi perkelompok dosen. Para peserta berkesempatan mendapatkan semua materi yang disipakan dalam kegiatan DLK PKM. Workshop secara luring berlanjut dengan memanfaatkan Google Classroom yang dapat diakses oleh semua peserta secara Asynchronous. Setelah semua perserta mengikuti rangkaian workshop, peserta diwajibkan mengerjakan sebuah project dengan menysusun modul ajar sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dengan disesuaikan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran serta sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah masing-masing peserta. Respon yang luar biasa dari para peserta dalam penyelenggaraan kegiatan DLK PKM. Banyak ilmu baru yang bisa diterakpan dalam pembelajaran di sekolah dasar serta dapat membuka wawasan dan pemahaman akan pentingnya inovasi pembelajaran yang berkelanjutan demi terwujutnya Sustainable Development Goals. (mlh)