Departemen Psikologi FIPP UNY Terima Kunjungan Kerja Dinas Psikologi Angkatan Laut

Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan dari Dinas Psikologi Angkatan Laut, Selasa, 30 Mei 2023, di Ruang Sidang 1 FIPP UNY. Dinas Psikologi Angkatan Laut dihadiri oleh Kolonel Laut (KH) Agus Winarto, M.Psi. Psikolog selaku Sekretaris Dinas Psikologi Angkatan Laut dan Lektol Laut (P) Andy Sulistiono, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku Kasubdis Psitek Angkatan Laut. Disambut oleh Dekan FIPP UNY, Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd., Ketua dan Sekretaris Departemen Psikologi, Dr. Siti Nurohmah N, M.Si. dan Prof. Dr. Farida Agus S, M.Si., Kepala Layanan Administasi, Jumrodah, ST., Dosen Psikologi serta tim UUIK FIPP UNY.

Prof. Dr. Sujarwo menyambut baik kedatangan dari Dinas Psikologi Angkatan Laut ke FIPP UNY, dan FIPP siap menjalin kerjasama dengan Dinas Psikologi Angkatan Laut. UNY umumnya, dan FIPP UNY khususnya, setelah ditetapkan sebagai PTNBH secara gercep menjalin banyak kerjasama dengan pihak-pihak lain. Untuk peningkatan layanan, Rektor UNY mensupport dosen dan tenaga kependidikan untuk studi lanjut. 

Terkait dengan kerjasama dengan Dinas Psikologi Angkatan Laut, Prof Sujarwo berharap tidak hanya program studi Psikologi saja, tetapi membuka peluang kerjasama dengan program studi lainnya di FIPP. 

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd., turut menambahkan bahwa saat ini Perguruan Tinggi sedang memberlakukan Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka salah satunya adalah magang di tempat kerja. 

Sementara itu Kolonel Laut (KH) Agus Winarto, M.Psi., Psikolog mengatakan, Dinas Psikologi Angkatan Laut membuka kesempatan yang luas untuk melakukan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi untuk magang maupun untuk lainnya, sesuai dengan kesepakatan bersama. Saat ini program yang dijadikan pilot project adalah Kampung Bahari Nusantara, di mana Kampung Bahari Nusantara menjadi program angkatan laut terhadap masyarakat pesisir untuk pembangunan masalah karakter manusia, karena pembangunan karakter itu menjadi pokok -pokok utama di dalam pembangunan ketahanan nasional. "Dengan kita membangun karakter masyarakat pesisir ini maka menjadi kepanjang tanganan dari mata dan telinga TNI pada umumnya, "ucapnya.  

Kolonel Agus menambahkan, Kepala Dinas mencanangkan adanya laboratorium psikologi lapangan, tentu saja dalam membangun karakter masyarakat pesisir ini tidak akan mampu berbuat banyak tanpa keterlibatan dari lembaga yang paham tentang bagaimana membangun karakter.  "Oleh karena itu dalam kesempatan yang luar biasa ini ada benang merah yang menyambungkan program Merdeka belajar Kampus Merdeka dengan angkatan laut yaitu mengembangkan Kampung Bahari Nusantara, "terangnya. 

Sementara itu, Letkol Andy, selaku yang diberikan tugas untuk memberikan supervisi bagi mahasiwa Psikologi FIPP UNY yang melakukan magang di Dinas Psikologi Angkatan Laut menyampaikan bahwa, magang mahasiwa Psikologi FIPP UNY di Dinas Psikologi TNI Angkatan Laut sudah 900 jam, tinggal sedikit lagi untuk memenuhi persyaratan. Beberapa program yang dilaksanakan membuat alat tes untk psikologi lapangan, job profiling, dan desain pelatihan untuk recovery para marinir yang selesai tugas di perbatasan. Andy juga memberikan supervisi kepada mahasiswa agar selalu mengedepankan adab perilaku, karena menurutnya, adab berperilaku, softsikll ini yang lebih dipakai di medan kerja , bukan IPK lagi, "katanya.

Selain itu Letkol Andi juga menyampaikan program Kampung Bahari Nusantara. Dimana Kampung Bahari Nusantaa itu mewadahi 5 klaster, yaitu klaster pendidikan, klaster kesehatan, klaster ekonomi, klaster sosial, dan klaster pertahanan dan keamanan. Kampung Bahari Nusantara ini diharapkan masyarakat pesisir bisa mandiri, punya kreativitas dan inovasi sehingga kampung tersebut memiliki profit. "Jika urusan perut sudah teratasi, urusan pertahanan bisa terjaga, "ungkapnya. (rit)

Tags: