Brigida Meraki, Delegasi FIP UNY Berhasil Raih Juara 1 Divisi Microteaching Digital Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2021

Revolusi Industri 4.0 menjadikan pendidikan harus memanfaatkan teknologi dengan utuh. Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk mengembangkan prestasi peserta didik dan satuan pendidikan. Berkaitan dengan peningkatan prestasi pada revolusi industri tersebut, maka dilaksanakan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill dan literasi teknologi. Lomba ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi-inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan mahasiswa. Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang tekhnologi informasi dan ilmu digitalisasi. Kemampuan Soft Skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.

Sebagai upaya mendukung kegiatan tersebut, Tim Brigida Meraki yang diketuai oleh Fairuz Zalfa Nabila, mahasiswa Prodi Pendidikan Guru SD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta mengikuti Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2021, dan akhirnya memperoleh Juara 1 pada Divisi Microteahing Digital. Fairuz Bersama 3 rekanannya, yaitu Arif Irawan, Iin Nur Aisyah dan Raditya Bhadra Nugraha dihadapan dewan yuri menyampaikan presentasi hasil karya yang berjudul “Materi Pecahan Senilai”. Tim Brigida Meraki meraih prestasi atas bimbingan dari Ibu Sekar Purbarini Kawuryan, M.Pd.

Fairuz menyampaikan pendidikan di masa pandemi Covid-19 membuat perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak. Oleh karena itu, inovasi dan pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran sangat diperlukan. “Kami Tim Brigida Meraki Universitas Negeri Yogyakarta dengan video ini https://www.youtube.com/watch?v=co_Q-vV8TOM mempresentasikan perancangan dan pembuatan video microteaching digital yang telah kami buat sebelumnya”, paparnya. Video ini dibuat sebagai salah satu ketentuan babak final Divisi V yaitu divisi microteaching digital. Dalam video ini ditampilkan bagaimana merancang dan membuat video microteaching digital yang meliputi dasar pengambilan materi, proses perencanaan pembelajaran, penerapan keterampilan mengajar, serta penggunaan teknologi/media/alat pembelajaran. Adapun video pembelajaran bisa disimak di tautan https://www.youtube.com/watch?v=PRte_NZzxGI .

Dan kami berharap microteaching digital yang kami rancang dapat menginspirasi sistem pendidikan daring Indonesia kedepannya.

Fairuz menambahkan, kegiatan LIDM 2021 kali ini, dikarenakan microteaching digital merupakan divisi terbaru dalam perlombaan LIDM,merasa bersyukur karena bisa berpartisipasi kali ini. “Tim kami dengan nama Brigida Meraki memiliki arti "melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati dan kreativitas untuk mencapai kemenangan". Kemenangan yang kami peroleh tidak semata mata hanya karena usaha kami, namun karena dukungan dari teman-teman PGSD, Dosen pendamping dan pihak terkait. Kami berharap dengan langkah yang kami lakukan dapat menambah semangat khususnya mahasiswa FIP lainnya dalam ajang kompetisi di bidang Pendidikan”, harapnya.

Pada kegiatan LIDM 2021 ini ada 5 divisi yang dilombakan, yaitu Divisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, Divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, Divisi Video Digital Pendidikan, Divisi Poster Pendidikan, dan Divisi Microteaching Digital. Masing masing divisi dipilih 20 finalis untuk diberikan kesempatan menyampaikan presentasi di hadapan dewan yuri, Sabtu, 18 September 2021, secara daring.

Selain tim Brigida Meraki, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY juga mengirimkan 2 delegasi yang berhasil masuk final yaitu Tim Gelatik dengan anggota tim Risha Setyawati, Nur Raisah, Fenia Anggita Kartikasari, dan Muhammad Khusyasy ND, mahasiswa Prodi Pendidikan Guru SD atas bimbingan dari Bapak Dr. H. Fery Muhammad Firdaus, M.Pd..Tim lainny adalah Tim Marvel dengan anggota Annikmah Khoirotunnisa, Ihsan Marvel Khoirullah, Megawati, dan Nanik Pujianingsih, mahasiswa Prodi Pendidikan Luar Biasa serta atas bimbingan dari Bapak Rendy Roos Handoyo, M.Pd.

Universitas Negeri Yogyakarta pada LIDM 2021 ini berhasil meraih juara umum dengan mendapatkan 4 medali emas, dan 1 medali silver, yaitu Juara 1 Devisi Inovasi Teknologi Digital Pendidikan nama Tim DikasihRegexDong, Juara 1 Devisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, nama tim: Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Juara 2 Devisi Inovasi Materi Digital Pendidikan, nama tim : 404, Juara 1 Divisi Poster Digital, nama tim: Aurum, dan Juara 1 Devisi Microteaching Digital, nama tim : Brigida Meraki.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY, Dr. Joko Pamungkas, M.Pd., atas nama Fakultas Ilmu Pendidikan UNY mengucapkan selamat dan sukses atar perolehan prestasi mahasiswa FIP dalam ajang Lomba Inovasi Digital mahasiswa tahun 2021 ini. “Semoga prestasi ini menjadi kebanggaan kami Fakultas Ilmu Pendidikan, khususunya, dan UNY secara umum”, ucapnya. (rit)