Benchmarking Universitas Bengkulu ke Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

“Terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, walaupun di sela-sela kesibukan yang luar biasa, namun berkenan menerima kunjungan kami dari Universitas Bengkulu,” demikian dikatakan Drs. Irwan Koto, M.A., Ph.D. Ketua Program Studi Pendidikan Dasar mewakili kunjungan dari Universitas Bengkulu mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Irwan Koto menyampaikan maksud dan tujuan benchmarking ini meliputi bagaimana proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, serta pengelolaan jurnal. Hal ini harapannya segala informasi dapat dirangkum dan dilaporkan ke pimpinan di Universitas Bengkulu.

Disamping itu dengan adanya kunjungan ini dapat menghasilkan MoU antara FIP UNY dengan FKIP Universitas Bengkulu.

Terakhir Irwan Koto berharap dari FIP UNY dapat menjadi professor tamu. “Mudah-mudahan dosen dari FIP UNY, dapat menjadi professor tamu pada seminar umum maupun seminar yang diselenggarakan Universitas Bengkulu. Mudah-mudahan dari FIP UNY dapat berpartisipasi,” pinta Irwan Koto.

Benchmarking Universitas Bengkulu yang berjumlah 7 rombongan ke FIP UNY diterima langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Cepi Abdul Jabar, M.Pd beserta Tim Prodi Pendidikan Dasar, Tim Penjaminan Mutu, Tim Jurnal serta dari Tim Humas FIP di Ruang Sidang I lantai II FIP UNY pada Rabu (27/7).

Cepi Abdul Jabar menyambut baik kunjungan dari benchmarking ini, terutama berkenaan dengan rencana MoU antara Universitas Bengkulu dengan FIP UNY. “Rencana MoU, apabila sudah ada bahannya segera saja dicetak kita dapat bicarakan disini, mudah-mudahan selepas acara ini sudah bisa menghasilkan MoU tersebut,” Jelas Cepi Abdul Jabar.

“Terkait penjaminan mutu, pengelolaan penjaminan mutu dikoordinasikan oleh universitas, sedangkan di fakultas ada unit penjaminan mutu fakultas, dan pada masing-masing prodi ada gugus penjaminan mutu,” terang WD Bidang Akademik dan Kerjasama FIP.

Setelah upacara penyambutan, dilanjutkan diskusi tentang pengelolaan prodi baik kurikulum maupun pengelolaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Diskusi juga menyinggung tentang pengelolaan jurnal, dan pengelolaan penjaminan mutu.(sud)