Benchmarking MBKM FTIP UIN Raden Fatah Palembang ke FIP UNY

Civitas Akademika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan UIN Raden Fatah Palembang melakukan Benchmarking Pengembangan MBK ke Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa, 18 Oktober 2022.

Rombongan dipimpin oleh Ibu Dr. Tutut Handayani, Kaprodi PGMI. Dalam sambutannya, Dr. Tutut menyampaikan tujuan benchmarking ke FIP UNY. “Kami ingin belajar MBKM ke FIP UNY, khususnya untuk Program Studi MPI dan PGMI,” tuturnya.

Benchmarking diterima oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Bambang Saptono, M.Si., Ketua Jurusan AP, Ketua Jurusan PSD, Gugus Penjaminan Mutu PSD dan MP.

Bambang Saptono, dalam sambutanya dengan senang hati menerima kunjungan benchamarking dari FTIP UIN Raden Fatah Palembang. Bambang juga menyampaikan profil FIP UNY. “UNY fokus pada pengembangan SDM, yaitu dengan menfasilitasi para dosen untuk studi lanjut S3, termasuk juga studi lanjut bagi tenaga kependidikan baik yang masih SMA ke S1, yang sudah S1 studi lanjut S2, yang S2 studi lanjut ke S3. Bentuk fasilitasi dari kampus adalah memberikan bantuan biaya studi sebesar 50%, dan biaya penelitian, “ jelas Bambang.

Setelah acara penerimaan oleh pimpinan, kegiatan benchmarking dilakukan diskusi tentang pengalaman MBKM di UNY. Diskusi dipimpin oleh Dwi Esti A, Ed.D. dijelaskan Esti, pelaksanaan MBKM di UNY dilaksanakan secara fleksibel. Kegiatan MBKM dilakukan setelah adanya kerjasama dengan universitas lain. Kegiatan MBKM ini sangat bagus dilaksanakan, akan tetapi masih membutuhkan penyesesuaian sistem akademik diantara 2 universitas. (rit)