Benchmarking dan Penandatangan Kerjasama FIP UNY dengan FKIP Universitas Mataram

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta melakukan benchmarking ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram, Jumat, 23 September 2022. Rombongan FIP UNY dipimpin oleh Dekan FIP UNY, Dr. Sujarwo, M.Pd., beserta Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, serta para Ketua Jurusan, Koordinator Prodi S1-S3, serta Koordinator Administrasi dan para Tenaga Kependidikan Keuangan serta Kehumasan.

Sujarwo dalam sambutannya menyampaikan tujuan benchmarking ke FKIP UNRAM. "Tujuan kami ke FKIP UNRAM yaitu ingin menjalin silaturahmi dan kerjasama dengan FKIP UNRAM," kata Jarwo. Dijelaskan lebih lanjut, bahwa UNY memiliki tagline "Bersama Kita Bisa, Bersatu kita Maju, Bermitra Kita Juara". "Kalo kita ingin menang dalam kompetisi, maka lakukan sebanyaknya kemitraan," jelasnya.

Dengan tagline tersebut, saat ini UNY mendapatkan peringkat 2 Liga Indikator Kinerja Utama (IKU) Kemedikbudristek 2022 , dan mendapatkan 3 penghargaan dari 8 penghargaan IKU.

Kedatangan Rombongan FIP UNY diterima hangat oleh Dekan FKIP UNRAM beserta jajarannya. Dijelaskan Dekan, Prof. Dr. A. Wahab Jufri, M.Sc, bahwa FKIP UNRAM mendapatkan kehormatan bisa dikunjungi oleh rombongan dari FIP UNY. Prof Wahab juga memperkenalkan Pengurus Jurusan maupun Program Studi yang ada di FKIP UNRAM. Dijelaskan juga, bahwa banyak dosen - dosen FKIP UNRAM yang merupakan lulusan dari UNY, serta dosen - dosen sedang studi lanjut S3 di UNY. Hal ini menunjukan bawah FKIP UNRAM menjadi keluarga UNY. "Kami juga berharap dengan silaturahmi ini, UNY bisa berbagi pengalaman baik untuk perkembangan FKIP UNRAM. Selebihnya bisa bekerjasama yang berkelanjutan, dan memiliki hasil yang dinginkan, demi perkembangan pendidikan yang ada di regional, nasional maupun internasional," harapnya.

Adapun kerjasama yang akan dibangun yaitu dalam bidang pembelajaran (Join Lecture), Penelitian Bersama, Pengabdian kepada Masyarakat, publikasi ilmiah, pertukaran mahasiswa, serta penyelenggaraan seminar dan konferensi. (rit)