Asesmen Lapangan S1 Bimbingan dan Konseling FIP UNY

Pogram Studi S1 Bimbingan dan Konseling FIP UNY, menerima Asesmen Lapangan dari Lembaga Akeditasi Kependidikan (LAMDIK) secara daring, Jumat – Sabtu (11-12/11). Asesor yang ditugaskan oleh LAMDIK adalah Dr. Abdul Saman, S.Pd., M.Si., Kons dari Universitas Negeri Makasar, dan Dr. Budi Purwoko, M.Pd., dari Universitas Negeri Surabaya.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes, beserta para pimpinan Universitas Negeri Yogyakarta menyambut dengan hangat kehadiran para asesor. Dijelaskan Sumaryanto, Jurusan Bimbingan Konseling ini luar biasa, jurusan yang komplit karena mengelola jenjang akademik yang paripurna punya S1, S2, dan S3. “Insya Allah kalau mempunyai S1, S2, dan S3 itu kecukupan kuantitas dan kualitas dosennya, moga-moga tercukupi karena tidak mungkin bisa membuka S2 dan S3 tanpa adanya dosen yang qualified untuk itu, guru besar, lektor kepala, doktor dan tata kelola lembaga yang bagus yang pada ujung-ujungnya Prodi Bimbingan Konseling Insya Allah menjadi salah satu yang paling favorit di samping saudara mudanya Psikologi itu di fakultas ilmu pendidikan , “terangrnya.

Sumaryanto memohon agar asesor berkenan memberikan pencerahan dan penguatan untuk program studi S1 Bimbigngan dan Konseling. “Berilah kami pencerahan, berilah kami penguatan karena bapak-bapak senior kami sebagai asesor supaya kami bisa lebih baik kualitasnya, “harapnya

Asesor Lamdik, Dr. Abdul Saman, S.Pd., M.Si. Kons, menyampaikan tujuan Asesmen Lapangan S1 BK FIP UNY. “Kami mendapat tugas dari lamdik untuk melakukan assesmen lapangan pada program studi S1 Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Unviersitas Negeri Yogyakarta. Kami ingin melihat secara detail laporan evaluasi diri (LED) yang telah dikirim kepada kami dan sudah kami telaah dan pada hari ini kita ingin memvalidasi tentu kemudian memverifikasi hasil-hasil dan bukti-bukti dokumen fisik yang mendukung dan tentu nanti kita akan memberikan rekomendasi yang terbaik untuk UNY, “sambutnya.

Dr. Heru Purwoko, M.Pd, menambahkan, kehadiran kami untuk mengklarifikasi atau mengkonfirmasi terkait dengan LED ataupun isian data kuantitatif. “Intinya semangat kami adalah memantapkan atau bahkan menemukan skor-skor yang perlu ditingkatkan, “tegasnya.

Pelaksanaan asesmen lapangan ini menghadirkan unit pengelola program studi yang terdiri dari pimpinan fakultas, penjaminan mutu, pengguna dan alumni, dosen dan tenaga kependidkan, serta mahasiswa untuk dikonfirmasi terkait dengan data data kuanitatif maupun dokeumen LED.

Ketua Jurusan BK FIP UNY, Dr. Sigit Sanyata, M.Pd., dalam sesi penutupan Asesmen Lapangan ini mengucapkan terima kasih banyak dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Dr Abdul Saman S.Pd., M.SI Kons dan Bapak Dr. Budi Purwoko, M.Pd., yang telah memberikan beragam masukan untuk pengembangan Prodi BK. “Semoga prodi kami menjadi prodi yang sesuai dengan apa yang menjadi arahan bapak-bapak untuk menjadi prodi yang berkembang, tentunya kami selaku tuan rumah dalam melayani Bapak berdua banyak kekurangan banyak kekhilafan banyak hal yang dirasa tidak menyenangkan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya teriring tentunya kami mohon doa agar apa yang menjadi catatan dari bapak-bapak ini dapat kami kembangkan lebih lanjut untuk pengembangan prodi kami,” tutup Sigit. (Rit)