“Manajemen Strategik dan Pendidikan Berkualitas: Memahami Keterkaitan Kunci untuk Mewujudkan SDGs”

Upaya global untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs) melalui Pendidikan berkualitas menjadi kunci dalam membentuk masa depan yang lebih baik. Mata kuliah Manajemen Strategik dan pencapaian SDGs memiliki keterkaitan dan dukungan yang kuat. Penilaian terhadap kesempatan dan ancaman dengan berbagai metode analisis dapat digunakan, peran strategis pemimpin dalam menerapkan fungsi manajemen, serta pengendalian dan evaluasi strategi dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana strategi dapat membentuk masa depan sebuah organisasi.

Beberapa dukungan mata kuliah Manajemen Strategik terkait dengan SDGs meliputi: a) Mata kuliah manajemen strategik membantu mahasiswa dalam merancang strategis yang berkelanjutan. Ini mencakup perencanaan strategis untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan serta pemikiran tentang bagaimana organisasi memberikan kontribusi yang positif terhadap tujuan SDGs, khusunya mengenai Pendidikan Berkualitas (SDGs 4). b) Manajemen strategik mengajarkan strategi berkelanjutan yang dapat mengentaskan kemiskinan (SDGs 1) dengan menciptakan peluang ekonomi melalui pendidikan dan pelatihan. c) Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (SDGs 9): penggunaan inovasi dan tenkologi untuk mencapai tujuan pendidikan ini juga melibatkan manajemen strategik. Upaya untuk memperkenalkan inovasi dalam proses Pendidikan dan pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan Masyarakat dan dunia kerja. d) dalam perkuliahan mahasiswa juga akan diajarkan pentingnya kolaborasi dan kemitraan antar berbagai pemangku kepentingan termasuk pemerintah, Lembaga Pendidikan, dan sektor swasta yang sesuai dengan SDGs 17 yaitu kemitraan untuk tujuan.

Mata kuliah Manajemen Strategik dan SDGs memiliki keterkaitan, dimana institusi Pendidikan dapat memainkan peran penting dalam membekali para pemimpin masa depan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan melaksanakan strategi yang dapat mendukung Pembangunan berkelanjutan. Dengan Pendidikan berkualitas yang disesuaikan dengan SDGs, kita dapat mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi semua secara bersama-sama. (cha.)