Layanan Akademik S2

ALUR LAYANAN AKADEMIK S2

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN & PSIKOLOGI

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA


SOP LAYANAN AKADEMIK

Standare Operational Procedure Layanan akademik bisa dilihat di : Sini


PEDOMAN PENULISAN TUGAS AKHIR TESIS

Pedoman Penulisan Tugas Akhir Tesis bisa di download di : link ini


SURAT IJIN OBSERVASI

  1. Mahasiswa mengisi form  Permohonan Surat Observasi
  2. Mahasiswa konfirmasi ke email akademik_fip@uny.ac.id
  3. Admin Subag AKA memproses permohonan, dan mengirimkan hasilnya ke email mahasiswa.

SURAT KETERANGAN AKTIF MAHASISWA 

  1. Mahasisiwa mengisi form permohonan surat di link : Surat Keterangan Aktif Mahasiswa
  2. Admin subag AKA memproses permohonan dan mengirimkan hasilnya ke whatsapp/email mahasiswa.

UJI INSTRUMEN

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan uji instrumen di link : permohonan uji instrumen, mahasiswa konfirmasi ke email akademik_fip@uny.ac.id
  2. Admin Subag AKA memproses permohonan, dan mengirimkan hasilnya ke email mahasiswa

SURAT IJIN PENELITIAN

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan Surat Ijin Penelitian dan menyertakan proposal tesis yang sudah disahkan pembimbing., serta melakukan konfirmasi ke email akademik_fip@uny.ac.id
  2. Admin AKA memverifikasi data isian permohonan dengan proposal
  3. Admin AKA memproses surat ijin penelitian dan mengirimkan hasilnya ke email mahasiswa

CEK TURNITIN

Cek Turnitin dilakukan setelah mahasiswa melaksanakan ujian dan selesai revisi. 

  1. Mahasiswa wajib mengisi form pernyataan sanggup menerima sanksi link (download di sini)
  2. Mahasiswa wajib mengunggah lembar pengesahan akhir Tesis
  3. Mahasiswa mengisi form permohonan  Cek Turnitin 
  4. Mahasiswa wajib mengunggah file Tesis dalam format Microsoft Word (.doc) meliputi Cover + Bab 1-5 (tanpa referensi dll)
  5. Admin Turnitin menyiapkan surat keterangan Turnitin dan file tesiske tim Turnitin
  6. Tim Turnitin memproses surat keterangan Turnitin
    a. Apabila hasil cek Turnitin di atas 20% maka dokume akan dikembalikan ke mahasiswa untuk revisi.
    b. Apabila ditemukan kecuarangan seperti menambahkan karakter pada teks asli merubah teks menjadi gambar, dan/atau bentuk kecuarangan lainnya, maka:
    1) Tim Turnitin melaporkan temuan kecurangan tersebut ke kaprodi dan WD AKA
    2) Proses klarifikasi mahasiswa kepada Kaprodi dan WD AKA
    3) Pemberian sanksi sesuai dengan kecurangan yang dilakukan
    c. Apabila hasil Turnitin di bawah atau sama dengan 20% maka admin AKA akan meneruskan surat keterangan Turnitin ke email mahasiswa 
  7. Pengecekan hasil revisi turnitin ketiga dan seterusnya akan dikenakan biaya

REVIEW ABSTRAK

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan  Review Abstrak.
  2. Mahasiswa mengunggah abstrak berbahasa Indonesia dengan mengikuti panduan abstrak download di sini
  3. Tim reviewer mereview abstrak dan memproses surat keterangan abstrak
  4. Tim reviewer abstrak mengirimkan hasil review dan surat keterangan ke email mahasiswa

VALIDASI INSTRUMEN, MEDIA, MATERI

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan Layanan Validasi
  2. Admin AKA memproses surat ijin validasi yang di tandatangani dekan dan mengirimkan file surat dan file yang akan di validasi ke validator
  3. Validator menvalidasi instrument/media/materi, dll penelitian dan mengirimkan hasilnya ke admin AKA
  4. Admin AKA mengirimkan hasil validasi ke email mahasiswa

SEMINAR PROPOSAL

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan  Pendaftaran Seminar Proposal Tesis.
  2. Admin AKA menyiapkan undangan dan berkas seminar proposal dan mengirimkan ke dosen pembimbing/pengampu mahasiswa dan admin prodi
  3. Admin Prodi menyiapkan link zoom
  4. Dosen dan mahasiswa melaksanakan seminar proposal dan dosen mengirimkan hasilnya ke admin AKA

UJIAN TESIS

1. Mahasiswa mengisi form  pendaftaran ujian tesis.

2. Mahasiswa melengkapi persyaratan ujian tesis yaitu:

  1. DHS
  2. KRS semester berjalan
  3. Kuitansi pembayaran semester berjalan
  4.  Review abstrak
  5. Review Tesis oleh Pembimbing (Form Review)
  6. Tesis yang sudah disetujui pembimbing dan koordinator prodi, serta Dekan FIPP
  7. Foto mahasiswa mengikuti ketentuan foto yudisium

3. WD BAK memberikan nama – nama tim penguji

4. Admin AKA mengkonfirmasi waktu ujian ke tim penguji dan menyiapkan berkas ujian dan mengirimkan berkas ujian beserta link zomm meeting ke email tim penguji dan mahasiswa

5. Tim penguji melakukan ujian tesis bersama mahasiswa dan mengirimkan hasilnya ke admin AKA

6. Admin AKA mengirimkan saran- saran ujian tesis ke email mahasiswa


REVISI TESIS

  1. Mahasiswa menghubungi tim penguji via wa/email
  2. Jika sudah selesai revisi mahasiswa meminta pengesahan tim penguji
  3. Lembar pengesahan penguji, pengesahan dekan (word) di email ke dikpasca.fip@uny.ac.id, download : Lembar Pengesahan Tesis . Subject Email : Lembar Pengesanan Tesis (Dekan)

LAYANAN PUBLIKASI

  1. Mahasiswa mengisi form permohonan surat keterangaan publikasi 
  2. Admin AKA akan memproses permohonan dan mengirimkan berkasnya ke Tim Publikasi
  3. Tim Publikasi akan mengirimkan hasil verifikasi permohonan mahasiswa
  4. Admin AKA akan mengirimkan surat keterangan publikasi ke email mahasiswa.

SURAT KETERANGAN PENELITIAN TIDAK DIBIAYAI UNY

  1. Mahasiswa mengisi form : Permohonan Surat Keterangan Penelitian Tidak Dibiayai UNY
  2. Admin AKA akan memproses dan mengirimkan suratnya ke email mahasiswa

SOP PENDAFTARAN YUDISIUM

  1. Melakukan bebas perpustakaan online Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY, ketentuan bisa baca di sini
  2. Mendaftar yudisium online melalui laman: http://siakad.uny.ac.id , pastikan semua data sudah benar (Nama, NIK, TTL sesuai ijazah terakhir dan KTP/KK), cek draft dokumen kelulusan, jika sudah sesuai silahkan difinalisasi. Ketentuan Foto untuk Yudisium maupun Wisuda bisa dilihat di link ini
  3. Membayar tagihan biaya wisuda di Bank Mandiri meliputi:
    1. Biaya tanggungan peminjaman toga
    2. Biaya pendaftaran IKA UNY
    3. Biaya yudisium
    4. Biaya wisuda
  4. Mengisi form pendataan alumni FIPP UNY melalui laman: http://blog.uny.ac.id/mawafipuny/alumni
  5. Mahasiswa menyiapkan berkas persyaratan yudisium, yaitu:
    1. Scan/foto surat keterangan publikasi (jika statusnya masih submit mohon menyertakan surat kesanggupan publikasi mengikuti form beriku)
    2. Scan/foto Surat keterangan Turnitin (maksimal 20%)
    3. Scan/foto Data Wisuda/Bukti pendaftaran Yudisium
    4. Scan Ijazah S1 Asli atau FC yang dilegalisir
    5. Scan/foto KTP/KK
    6. Scan/foto Surat Keterangan cuti kuliah bila mengambil cuti kuliah
    7. Screenshoot/foto bukti pengisian pendataan alumni FIPP
    8. Scan surat Keterangan Bebas Pustaka
  6. Mahasiswa mengisi form pendaftaran yudisium dan mengunggah berkas persyaratan melalui laman link di sini)
  7. Informasi pelaksanaan yudisium dapat diakses melalui laman: http://fipp.uny.ac.id dan ig @fipp.unyofficial. Undangan yudisium akan dikirim ke email student mahasiswa setelah upload berkas persyaratan yudisium (poin 5)
  8. Proses penerbitan dokumen kelulusan dapat dicek setelah pelaksanaan yudisium melalui laman http://yudiwis.uny.ac.id/buku-wisuda dan http://eservice.uny.ac.id)

Keterangan:

Semua layanan menggunakan email student, jadi mohon login menggunakan email student. Terimakasih