Workshop Unit Bahasa: Improving Academic Writing through Proofreading

Unit Bahasa FIP UNY menyelenggarakan Workshop Proofreading for Academic Writing dengan tema “Improving Academic Writing through Proofreading” yang bertempat di Ruang Virtual pada Sabtu (26/11).

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIP UNY, Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd., dalam sambutanya mengatakan bahwa acara ini dapat terselenggara atas kerja keras dan kerja cerdas dari Unit Bahasa FIP UNY. Cepi berharap agar kegiatan ini dapat berguna bagi seluruh peserta terutama mahasiswa S2 dan S3 atau dosen yang mengikuti kegiatan ini.

“Saya yakin kegiatan ini berguna untuk Bapak Ibu semua, tidak akan menyesal lah. Karena sebagai akademisi kita pasti berhadapan dengan proofreading saat membuat artikel atau proposal penelitian., dan biasanya artikel kita berhenti diproses tersebut karena kurang ini itu. Ya, saya berharapnya semoga kegiatan ini dapat berperan banyak dalam memperlancar proses proofreading Bapak Ibu ketika membuat artikel,” kata Cepi.

Pemateri utama yang dihadirkan pada workshop ini adalah dosen dari FBS UNY yang merupakan Kaprodi S2 Linguistik Terapan, Ashadi, S.Pd., M.Hum., Ed.D. Ashadi menjelaskan bahwa terdapat 4 kemampuan dasar proofreading yang harus dikuasai yaitu adding, cutting, replacing, dan moving. Ashadi juga menekankan bahwa proofreading tidak bisa dilakukan sendiri karena penulis membutuhkan perspektif baru dari pendapat orang lain.

“Kita cenderung tidak bisa menemukan kesalahan pada artikel yang kita buat sendiri. Maka dari itu, proofreading baiknya dilakukan oleh orang lain karena kita butuh penilaian dan perspektif baru dari orang lain juga. Jangan memberatkan diri sendiri,” tegas Ashadi.

Workshop ini diikuti oleh 52 peserta yang berasal dari berbagai daerah dan universitas serta mencakup bobot 32 JP yang dapat digunakan untuk mengontrol dan mengevaluasi hasil dari proses kegiatan workshop tersebut.

Pada kegiatan ini juga terdapat pelatihan, diskusi, serta penugasan yang diberikan kepada peserta agar peserta dapat berpartisipasi secara aktif dan dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat secara langsung.(Leo)