Workshop Tinjauan Manajemen FIP UNY

Unit Penjaminan Mutu Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Workshop Tinjauan Manajemen, Senin, 31 Oktober 2022, di Ruang Aula Lantai 3, Gedung Muh Amin FIP UNY.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FIP UNY, Dr. Cepi Safruddin AJ, M.Pd., menyampaikan temuan umum hasil EMonove Semester Genap TA 2021/2022 dan Hasil Audit Mutu Internal (AMI) berdasarkan data dari 20 program studi di FIP.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Unit Penjaminan Mutu FIP UNY, Dr. Udik Budi Wibowo, M.Pd. menjelaskan lebih detil dan memandu rencana tindaklanjut yang telah dan akan dilakukan oleh ketua jurusan dan koordinator program studi.

Beberapa rekomendasi yang bisa dilaksanakan untuk program studi (1) penggunaan waktu yang efektif dalam proses pembelajaran; (2) penggunaan media dan alat bantu perkuliahan perlu dioptimalkan dan diupayakan bervariasi; dan (3) perlu ada penelitian evaluasi di prodi mengenai sejauh mana CPMK berkontribusi terhadap CPL.

Sedangkan rekomendasi untuk Unit pengelola Program Studi (UPPS) diantaranya adalah (1) pembuatan folder tersendiri atau membuat pangkalan data untuk memenuhi data yang dibutuhkan dalam akreditasi; (2) perlunya pengembangan atau penyusunan dokumen kurikulum prodi lengkap terbaru yang dicetak dan ditandatangani pimpinan fakultas; (3) perlunya peninjauan kurikulum, RPS, bahan ajar dan literatur secara keseluruhan 4 tahun sekali, dan secara bahan ajar 1 tahun sekali; (4) perlunya sistem terintegrasi untuk pelaporan kegiatan fakultas dan prodi; dan (5) pengembangan sistem di AMI sehingga data yang sama dan berubah perlu ada sistem sehingga tidak perlu mengisi lagi.

Workshop Tinjauan Manajemen ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, anggota unit penjaminan mutu fakultas, ketua jurusan koordinator program studi, dan admin penjaminan mutu. (rit)