WORKSHOP KEGIATAN KEMAHASISWAAN: Bersinergi dan Regenerasi Calon Pemenang PKM FIP UNY

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Pendampingan Delegasi Finalis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Gali Gagasan PKM Mahasiswa FIP UNY. Workshop dilaksanakan sehari penuh pada hari Rabu (19/10) diikuti oleh Dekan, Wakil Dekan, Wakil HIMA dari masing-masing jurusan, KMMD, Dosen, dan Staf Pendukung dari FIP UNY, bertempat di Hotel Galuh, Prambanan, Jawa Tengah.

Dr. Joko Pamungkas, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) FIP UNY selaku penggagas kegiatan ini menyampaikan tujuan workshop yaitu memberikan apresiasi sekaligus mencetak genarasi calon pemenang PKM dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

“Kegiatan ini sebenarnya memberikan apresiasi terhadap finalis PKM dan bersinergis untuk meregenerasi calon-calon pemenang PKM dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNY,” kata Joko Pamungkas.

Lebih lanjut WD BKA ini menyampaikan, “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, mahasiswa yang tidak tahu tentang PKM akan menjadi tahu, sehingga tertarik.”

Sedangkan ketika disinggung tentang komitmen dari Fakultas adalah untuk melayani. “Dan dari institusi mempunyai komitmen untuk melayani dan mendukung kegiatan ini, baik dari sisi keilmuan maupun sarana prasarana,” kata Joko Pamungkas.

Pada kesempatan ini, diawali presentasi dari Delegasi Finalis PKM UNY terdiri dari Dewi (FIP), Dika (FT), Meilani (FMIPA), Angki (FT) dan Hilmy (FT) dengan dosen pendamping Rendy Roos Handoyo, M.Pd. mengangkat tema tentang Haptic Chemistry Laboratory: Modern Assisteve Technology. Tim PKM

Setelah melakukan presentasi dilakukan, dilanjutkan diskusi. Diskusi sangat hangat, peserta workshop sangat antusias memberikan pertanyaan dan masukan baik dari mahasiswa dari FIP maupun dari dosen yang berkompeten. Masukan meliputi dari konten PKM, media, presentasi, dan keilmuan.

Workshop dilanjutkan dengan ide gagasan PKM untuk masing-masing program studi yang dikelompokkan menjadi Kebijakan Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Luar Sekolah, Psikologi, Bimbingan Konseling, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Luar Biasa, Keluarga Mahasiswa Magister Doktor.

Pendamping Delegasi Finalis PKM, Rendy Roos Handoyo, M.Pd. menyampaikan apresiasi yang luar biasa karena seperti pepatah dengan sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

“Dukungan yang luar biasa dari Bapak Wakil Dekan Kemahasiswaan dan Alumni FIP UNY karena seperti pepatah dengan sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, yaitu melatih mental pemenang untuk siap bertanding bagi finalis, meningkatkan penguasaan konten substansi, meningkatkan performance tampilan, presentasi dan komunikasi,” kata Rendy.

Rendy juga mengatakan, “Di sisi lain, dapat dijadikan motivasi bagi mahasiswa FIP lain sebagai peserta untuk memunculkan ide ide gagasan yang luar biasa di kegiatan PKM berikutnya.”. (Sud)