Penutupan Program Desa Binaan FIP UNY “Mbangun Desa” Giripurwo 2022

Program pengembangan wilayah desa binaan FIP UNY “Mbangun deso” yang berlangsung selama bulan Maret hingga Juni pada akhir pertemuan. Penutupan kali ini berlangsung pada hari Selasa,  07 Juni 2022. Penutupan ini disinergiskan dengan dilaksanakan dengan konsep nguri-nguri kabudayan jawi dalam rangka bersih dusun. Tempat penutupan program ini berada di Kali Gede Dusun Widoro. Kegiatan ini dihadiri oleh bapak Bupati Gunungkidul Bpk. H.Sunaryanta, beserta staff dan masyarakat Giripurwo, bapak Lurah Supriyadi, Bapak Dr. Joko Pamungkas, M.Pd. selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni sekaligur koordinator program desa binaan “Mbangun desa”.

Kegiatan bersih dusun ini merupakan kegiatan yang berlangsung satu tahun sekali. Pada kesempatan kali ini merupakan ajang pertama setelah 2 tahun masa pandemi covid ini. Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari warga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu. Maka sesaji diberikan kepada danyang, karena danyang dipercaya sebagai penjaga sebuah desa.

Acara ini berlangsung dengan hikmat dipimpin oleh bapak kaum beserta doanya. Dalam kesempatan ini penyerahan sertivikat kerjasama dan tali asih antara Fakultas Ilmu Pendidikan dan Kalurah Desa Giripurwo. (Laskar bka fip)

Tags: