FIP UNY Raih 2 Medali Emas dan 2 Medali Perak dalam UNY Networks Awards 2022

Fakultas Ilmu Pendidikan mendapatkan 2 medali emas, dan 2 medali perak dalam UNY Networks Awards 2022. Dua medali emas yaitu Peringkat 1 Kategori Kerjasama Dalam Negeri Terbanyak Tingkat Prodi (PGSD) , dan Peringkat 1 Kategori Majalah Fakultas (Eduinfo). Sedangkan Medali perak yaitu Peringkat 2 Kategori Kerjasama Dalam Negeri Tingkat Fakultas, dan Peringkat 2 Kategori Pengelolaan Laman (websiste). Secara umum FIP UNY meraih Peringkat 4 dari 7 Fakultas. Penghargaan itu diberikan dalam kegiatan UNY Networks Awards 2022, di Performance Hall FBS UNY, Rabu (25/5) secara luring dan daring.

UNY Networks Awards 2022 ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Siswatoyo, M.Si. AIFO, merupakan kegiatan yang digelar dalam rangka ngopeni, ngaruhke dan ngewangi mitra kerja yang selama ini telah membersamai UNY melangkah bersama. “Sesuai dengan jargon bersatu kita maju, bersama kita bisa dan bermitra kita juara dalam rangka mendukung transisi mindset gumregah menyongsong perubahan”, katanya. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mempertajam progres kerjasama dan dengan pemberian penghargaan ini akan lebih banyak kerjasama yang dibangun, kemitraan yang saling menguntungkan dan membuka jalan sinergitas yang lain bukan hanya akademik semata namun juga industri atau pemerintahan. Siswantoyo mengatakan bahwa kekuatan untuk kejayaan adalah seberapa luas dan intensif jejaring kerjasama itu dilaksanakan.

Sementara itu Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO menyampaikan Universitas Negeri Yogyakarta saat ini terus berbenah diri dan melakukan konsolidasi di semua lini untuk menyongsong perubahan status kelembagaan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Dengan status sebagai PTN-BH, UNY terus berupaya melakukan transformasi kelembagaan dan keilmuan, kemandirian finansial, dan pemantapan budaya penelitian. Upaya lain yang juga dilakukan adalah meningkatkan program kerja sama, rekognisi dosen, peningkatan pembelajaran berbasis riset dan PPM, dan peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Upaya-upaya tersebut tentu saja tidak dapat dilakukan oleh UNY tanpa bekerja sama dan bersinergi dengan pihak lain. Oleh karena itulah, kerja sama dan sinergi dengan berbagai pihak menjadi sebuah keharusan agar upaya-upaya yang dilakukan UNY secara kelembagaan dapat berhasil dengan optimal. Dengan menerapkan prinsip pentahelix, kerja sama multipihak, UNY sebagai bagian dari unsur akademisi, terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan jalinan kerja sama dengan instansi pemerintah, dunia usaha dan dunia industri, masyarakat dan komunitas, dan media massa. Kegiatan UNY Network Awards 2022, yang dilaksanakan pagi ini merupakan upaya nyata UNY untuk menjaga komitmen sinergi dan kerja sama tersebut. Harapannya, kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan pada waktu-waktu yang akan datang sebagai wujud komitmen UNY bersama-sama seluruh mitra, dalam membangun dan mengembangkan peradaban bangsa. (dedy/rit)